www.domainesia.com

Apa yang Membuat Sistem Informasi Sekolah Penting?

  • Riaupos
  • Sep 15, 2022
sistem informasi sekolah berbasis web

Saat ini, sistem informasi sekolah berbasis web menjadi hal yang umum digunakan pada banyak sekolah. Secara garis besar, sistem ini berhasil meringankan pekerjaan admin, guru, staff, dan lainnya melalui satu platform serbaguna.

Selain mengatur bagian internal, sistem informasi sekolah juga menghubungkan murid and orang tua. Tentunya fitur ini akan sangat mempermudah komunikasi antara tiga pihak ini. Hashmicro menyediakan sistem ERP informasi sekolah terbaik untuk membantu mengelola berbagai manajemen sekolah secara efektif dan real-time. Ketahui skema perhitungan harga software informasi sekolah dan ketahui kalkulasi harganya!

Memudahkan Laporan Kehadiran

Merekam dan melihat kembali daftar kehadiran siswa merupakan fitur utama dari berbagai sistem informasi sekolah. Sistem informasi sekolah ini dapat membuat berbagai macam laporan kehadiran per kelas, individu, gender, atau lainnya sepanjang masa pembelajaran.

Lebih jauh lagi, sistem ini dilengkapi fitur SMS yang bisa memberitahukan orang tua ketika siswa tersebut absen. Tentunya sistem ini akan membuat para siswa berpikir dua kali untuk bolos kelas tanpa alasan.

Penggunaan pulpen dan kertas untuk mencatat ternyata sudah ketinggalan zaman!

Manajemen Pekerjaan Rumah yang Mudah

Di platform ini, siswa dapat mengunduh, mengunggah, atau mengerjakan tugas, pekerjaan rumah, catatan, dan proyek mereka. Hal ini memungkinkan karena sistem informasi sekolah terbuat agar siapa pun mudah mengaksesnya tanpa harus berinteraksi satu sama lain.

Sistem ini juga menyiapkan kustomisasi dan dapat mengintegrasikan berbagai macam warna, gambar, video, atau lampiran lainnya. Yang pasti, sistem ini akan memudahkan siswa jika ingin melihat dokumen-dokumen terdahulu.

Manajemen Ujian yang Baik

Salah satu fitur yang membuat sistem informasi sekolah penting adalah bagaimana mengatur ujian. Tidak semua sekolah menyukai ujian pilihan ganda. Bisa jadi ada sekolah yang menyukai ujian berbentuk esai. Apapun bentuknya, sistem harus bisa mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Siswa dapat melakukan ujian di dalam sistem maupun di luar sistem. Jika siswa melakukan ujian di luar sistem, proses penilaian dan hasil masih bisa tetap terhitung di dalam sistem. Nilai raport juga bisa terhitung di dalam sistem berdasarkan nilai harian dan nilai ujian yang ada.

Lebih lanjut, adanya pandemi juga memaksa agar pembelajaran dapat terlaksana secara tidak langsung. Oleh karena itu, penggunaan manajemen e-learning menjadi hal yang penting karena memudahkan untuk melakukan monitoring perkembangan siswa hingga mengelola tugas dan kuis.

Kemudahan Pembayaran

Ketika awal semester, biasanya bank akan penuh antrian panjang oleh orang tua atau siswa yang hendak membayar uang sekolah. Untungnya, software manajemen sekolah menyediakan platform di mana pembayaran orang tua siswa dapat membayar secara online. 

Ini merupakan metode yang sangat efektif karena dapat meminimalisir keterlambatan pembayaran uang kuliah berkat fitur SMS yang dapat mengingatkan orang tua.

Komunikasi yang Efektif

Sistem ini memiliki fitur yang dapat menghubungkan orang tua, murid, guru, dan admin sekolah. Broadcast SMS, email, atau pemberitahuan khusus dapat terkirimkan secara bersamaan untuk menginformasikan aktivitas di sekolah. Komunikasi yang demikian dapat dilakukan tanpa ada hambatan.

Menelusuri Kendaraan Sekolah

Sekolah biasanya menyediakan kendaraan yang berfungsi untuk berbagai macam aktivitas seperti antar jemput, mengantar siswa yang mengikuti kompetisi, atau yang lainnya.

Sistem ini dapat memonitor rute yang dilalui kendaraan sekolah, melaporkan jarak tempuh, hingga menjadwalkan perawatan. Dengan terpantaunya kondisi kendaraan, tentunya sekolah akan teringankan dalam manajemennya. Selain itu, orang tua pun dapat merasa tenang karena seluruh aspek manajemen kendaraan turut menjadi perhatian.

www.domainesia.com
Related Post :