Bahan Diadora, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

  • Riaupos
  • Mar 23, 2022

Saat ini, banyak sekali pilihan jenis kain yang beredar di pasaran yang bisa memenuhi kebutuhan Anda akan kain untuk berbagai kesempatan. Keadaan ini tentunya sangat bagus karena masyarakat bebas memilih kain sesuai peruntukannya dan bisa disesuaikan dengan budget yang tersedia. Bahan ini juga banyak di buat di jasa konveksi seragam.

Namun, bagi orang yang awam akan jenis kain, tentunya dengan banyaknya jenis pilihan kain akan cukup membuat kebingungan. Untuk itu, dalam artikel ini akan membahas salah satu jenis kain yakni kain diadora. Penasaran? Yuk simak artikelnya berikut ini.

Bahan Kain Diadora

Salah satu jenis kain yang terkenal di pasaran adalah kain diadora. Jenis kain diadora (DDR) merupakan salah satu jenis kain yang biasa digunakan untuk pembuatan berbagai macam pakaian olahraga seperti jaket sporty ataupun celana training olahraga. Alasan penamaan kain ini kain diadora adalah karena bahan ini sangat identik dengan tema olahraga (sport). Bahan ini sangat mirip dengan bahan untuk produk keluaran sebuah perusahaan sport ternama yakni Diadora.

Bahan kain diadora biasanya sering dijadikan bahan dalam setiap pembuatan jaket sport. Sebab, bahan kain diadora memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan bahan kain fleece. Namun, yang menjadi pembeda antara bahan kain diadora dengan kain fleece adalah kain diadora memiliki tampilan yang lebih mengkilap. Alasan mengapa jenis kain ini banyak dipilih oleh para produsen pembuat jaket atau celana training olahraga adalah karena harganya yang cukup terjangkau dan ekonomis serta memiliki banyak pilihan warna.

Karakteristik Kain Diadora

Setiap jenis kain tentu memiliki karakteristik yang berbeda antara jenis kain satu dengan yang lainnya. Perbedaan karakteristik dan kualitas kain ini digunakan untuk membedakan jenis-jenis kain berdasarkan kegunaan, cara perawatan, serta harganya. Kain Diadora memiliki beberapa karakteristik yaitu:

  1. Permukaan kain tampak mengkilap apabila terkena sinar matahari. Kain ini memiliki 2 tampilan yang berbeda antara bagian permukaan dalam dan luar kain. Pada bagian dalam kain, teksturnya cenderung lembut berbulu, serta memberikan efek hangat dan nyaman saat Anda menggunakannya. Sedangkan pada bagian permukaan luar kain, teksturnya lembut dan memiliki kerapatan kain yang tinggi.
  2. Memiliki daya serap keringat yang baik. Walaupun kain ini termasuk jenis kain yang tebal, namun tetap nyaman digunakan sehingga tidak tembus pandang atau menerawang saat digunakan.
  3. Ragam variasi pilihan warna yang banyak. Dengan pilihan warna kain diadora yang cukup banyak, sangat cocok sebagai bahan pembuatan berbagai pakaian olahraga misalnya seperti jaket atau celana training. Biasanya jaket yang menggunakan bahan diadora tidak menggunakan lapisan furing pada bagian dalamnya. Hal ini karena tanpa adanya furing, kain ini pun sudah hangat dan nyaman.

Kelebihan Kain Diadora

Beragam jenis kain saat ini sangat banyak tersedia di pasaran. Setiap jenis kain tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Seperti halnya kain diadora memiliki beberapa kelebihan antara lain sebagai berikut: 

  • Ada beragam pilihan warna sehingga memudahkan konsumen untuk memilih warna sesuai keinginannya.
  • Sangat nyaman untuk digunakan dalam berbagai aktivitas tidak hanya untuk kegiatan berolahraga.
  • Terasa lembut apabila langsung terkena kulit sehingga tidak mudah menimbulkan iritasi.
  • Mudah didesain karena Anda bisa memberi aksen bordir atau tambahan lainnya pada kain. 
  • Sangat mudah ditemukan di pasaran.

Kekurangan Kain Diadora

Selain kelebihan, setiap jenis kain juga memiliki kekurangan masing-masing. Berikut kekurangan bahan diadora yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih jenis kain ini:

  • Apabila Anda salah dalam merawatnya seperti salah cara mencuci maka tekstur kain dapat berbulu dan kasar. Sebaiknya jangan menyikat kain terlalu keras dan alangkah lebih baik mencucinya dengan cara direndam dengan air deterjen dan dikucek saja. 
  • Mudah terkena noda
  • Sangat mudah menyerap air sehingga tidak waterproof
  • Kain ini tidak tahan terhadap terpaan angin.

Related Post :