Kista merupakan salah satu penyakit yang kerap diderita ole para wanita. Kendati banyak kista yang tergolong jinak atau tidak berbahaya, namun hal ini juga tidak bisa dianggap remeh. Karena kisat yang dibiarkan begitu saja juga akan membahayakan penderitanya. Kista sendiri merupakan bentuk pertumbuhan tidak normal pada dinding ovarium. Kista jenis ini sering disebut juga dengan nama kista ovarium karena merupakan penyakit tumor yang tumbuh di dalam indung telur. Penyebab tumbuhnya kista biasanya karena adanya perubahan kadar hormon yang terjadi saat pelepasan sel telur dari ovarium dan juga siklus menstruasi yang tidak teratur. Pada beberapa kasus, kisat ovarium diatasi dengan jalan operasi, namun ada juga yang menggunakan obat herbal kista.

Meskipun tergolong sebagai tumor jinak, namun saat Anda terkena penyakit kista ada baiknya segera mencari tindakan pengobatan. Hal ini untuk mencegah dari gangguan kista ovarium yang lebih serius maupun gangguan kesehatan lainnya yang lebih berbahaya, seperti terjadinya pendarahan, muncul penyakit serius tertentu, gangguan kehamilan, infertilitas (kemandulan), batang ovarium yang terlilit, hingga munculnya kanker endometrium yang berbahaya.

Kista sendiri umumnya akan menimbulkan beberapa gejala pada penderitanya. Penting bagi para wanita untuk mengetahui gejala-gejala apa saja yang muncul pada penderita kista ovarium. Tujuannya agar jika diri sendiri atau orang terdekat mengalami kondisi demikian bisa melakukan upaya pencegahan atau pengobatan sesegera mungkin. Adapun gejala-gejala yang muncul, antara lain:

  • Rasa nyeri atau kram pada bagian bawah perut atau pinggul secara mendadak.
  • Siklus haid yang tidak teratur.
  • Merasakan nyeri haid yang hebat ketika menstruasi, bahkan hingga ke pinggang bagian belakang.
  • Rasa nyeri pada panggul setelah melakukan hubungan intim.
  • Rasa mual dan ingin muntah.
  • Muncul bercak-bercak darah dari area kemaluan wanita.
  • Rasa sakit pada bagian bawah perut seperti ada yang menekan.

Ketika menemukan salah satu atau beberapa gejala yang sudah disebutkan tersebut, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah ada penyakit yang menyerang tubuh atakah tidak. Jika Anda divonis mengidap penyakit ini, jangan buru-buru putus asa dan berkecil hati dulu. Karena selain jalan operasi, menggunakan bahan-bahan alami di sekitar kita untuk pengobatan bisa sekali dilakukan untuk penyembuhan kista ovarium. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan, yaitu:

  • Daun sirsak.

Bahan alami pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati kista adalah daun sirsak. Jika selama ini dari pohon sirsak yang sering dimanfaatkan adalah bagian buahnya, ternyata daunnya pun tidak kalah bermanfaat. Ddi dalam daun sirsak terkandung beberapa senyawa penting, seperti acetogenins, annohexocin, annocatacin, annocatalin, annonacin, annomuricin, annomurine, anonol, caclourine, gigantetronin, asam linoleat, asam gentisic, dan muricapentocin.

  • Benalu teh.

Pada benalu teh mengandung flavonoid, chalcones, flavanones, c-glycoflavonols, dan flavan3-ols yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah dari terjadinya penggumpalan darah, anti alergi, dan anti kanker.

  • Mahkota dewa.

Tumbuhan yang kerap ditanam di pekarangan rumah ini sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional karena mengandung beberapa zat aktif, seperti polifenol, alkaloid, dan saponin yang berperan sebagai anti bakteri dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Kunyit putih.

Obat herbal kista lainnya juga bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan kunyit putih. Bahan alami yang satu ini berkhasiat sebagai anti tumor dan anti kanker. Hal ini lantaran kunyit putih mengandung banyak antioksidan dan anti inflamasi yang lebih kuat dibandingkan hidrokortison.