Besarnya Pengaruh Backlink Terhadap ASO

  • 3 min read
  • Apr 01, 2021
Jasa Backlink

ASO sangat memegang peranan kunci bagi aplikasi dan perusahaan startup. Kuncinya adalah backlink yang sempurna, serta pemasaran yang baik dan dibentuk secara kreatif. Jasa backlink yang tepat mampu menaikkan popularitas aplikasi Anda hingga sampai ke tangan pengguna yang tepat. Tak hanya menginstall dalam kurun waktu beberapa hari, namun dalam jangka waktu yang lama.

Meskipun Pengoptimalan App Store (ASO) dan Search Engine Optimization (SEO) berlaku untuk dua ekosistem yang berbeda, dengan algoritma yang berbeda untuk produk dan pasar yang berbeda, beberapa komponennya memang tumpang tindih. Sebagai pengingat, ASO adalah proses meningkatkan visibilitas toko aplikasi dengan mengoptimalkan setiap faktor yang mempengaruhi aplikasi peringkat algoritma.

Di sisi lain, SEO adalah proses meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari. Oleh karena itu, kedua metodologi ini bergantung pada dua sistem peringkat yang berbeda. Jika tidak ada pengaruh timbal balik di Apple App Store, Google Play Store mempertimbangkan beberapa aspek SEO dalam algoritma tokonya – tidak mengherankan mengingat otoritas Google terkait penelusuran.

Dimensi ini membuat ASO sedikit lebih kompleks untuk aplikasi Google Play, karena ada faktor toko aplikasi eksternal yang perlu diuji, dioptimalkan, dan juga dipantau.

Komponen penting SEO yang dipertimbangkan oleh algoritma Google untuk menentukan peringkat situs web adalah backlink. Jika Anda memiliki aplikasi di Google Play Store, jumlah situs web yang mengarah langsung ke URL laman web Google Play Store aplikasi Anda tidak hanya akan mempengaruhi peringkat mesin telusur laman aplikasi, tetapi juga pada peringkat aplikasi Anda di Play Store.

Sederhananya, semakin banyak tautan balik yang mengarah ke laman web aplikasi Anda, semakin tinggi peringkat toko aplikasi Anda.

Kualitas ditentukan oleh algoritma Google (PageRank) yang mempertimbangkan beberapa faktor untuk menentukan peringkat halaman web dan domain (yaitu: jumlah pengunjung unik; jumlah tautan balik; rasio pentalan; dll.) Terakhir, relevansi juga menjadi faktor penentu. Tautan balik yang mengarah ke URL aplikasi Anda idealnya menggunakan kata kunci yang relevan, yang secara tidak langsung akan mempengaruhi peringkat kata kunci Play Store Anda.

Anda bisa saja membuat situs yang tidak relevan terus-menerus, atau lebih buruk lagi, mungkin pesaing mencari cara agar aplikasi Anda ditautkan oleh situs dewasa atau situs yang berlawanan dengan target market Anda. Tidak semua situs dibangun dengan cara yang benar. Situs yang rawan virus juga akan membahayakan pengguna. Sekali lagi, ini bukan masalah yang dihadapi sebagian besar pengembang dan pemasar aplikasi, tetapi jika itu terjadi pada Anda, ada beberapa jalan lain.

Untuk mengatasi hal itu, kini Google membuat fitur baru yakni Google’s disavow tool. Fitur ini adalah bagian dari Google Search Console (sebelumnya Alat Webmaster) yang memungkinkan situs web mendiskon nilai tautan masuk, membantu mencegah hukuman berbasis tautan. Perang Google terhadap spam tautan membuat beberapa bisnis online berisiko terkena hukuman penelusuran organik, menjadikan alat ini sebagai aset penting bagi situs web yang merugikan.

Cara menggunakan Google Disavow tool:

  1. Mulailah dengan menyusun daftar backlink.
  2. Setelah daftar backlink lengkap, sekarang saatnya mengidentifikasi tautan balik yang buruk. Sayangnya, tidak ada cara mudah untuk melakukan ini – meskipun banyak alat online dapat memperkirakan nilai tautan, mereka juga cenderung mengembalikan positif palsu hanya karena situs lain baru atau kurang dikenal.
  3. Cara paling efektif untuk menilai tautan balik adalah mengunjungi masing-masing tautan secara manual dan mengevaluasi apakah tautan itu masuk akal dan benar-benar berguna. Jika sebuah situs tidak ada masalah, Google tidak akan bereaksi. Di sisi lain, jika situs yang digunakan tampak mencurigakan, Google mungkin akan menghapusnya.
  4. Setelah Anda memutuskan untuk mencoba dan menghapus tautan, hubungi siapa pun yang memiliki situs itu dan minta tautan itu dihapus. Anda harus menghubungi pemilik situs berkali-kali paling tidak untuk memastikan bahwa backlink tidak ada pada situs mereka.
  5. Jika pemilik situs gagal merespons, atau menolak untuk menghapus tautan, Anda dapat meminta Google untuk menolaknya – dan menyertakan dokumentasi yang menunjukkan bahwa Anda meminta situs lain untuk menghapusnya dan mereka tidak mematuhinya. Google selalu merespon permintaan penolakan yang menyertakan dokumentasi.