Cara Membuat Bot Telegram

  • 2 min read
  • Oct 13, 2020
Cara Membuat Bot Telegram

Beberapa bot yang tersedia sangat berguna dan beberapa diantaranya hanya dimaskudkan untuk bersenang-senang. Dalam tutorial kali ini Anda akan mengetahui langkah demi langkah membuat bot sendiri tanpa memusingkan kode apa pun.

Bikin Bot Telegram Tanpa Coding

Susahnya menjadi admin adalah mengirim chat hingga konten di akun Telegram yang mempunyai banyak kontak atau grup. Tapi dengan bantuan bot telegram ini dapat memudahkan Anda menjalankan tugas.

Cara membuat bot telegram tanpa coding versi www.kingsmpls.com adalah cara yang bisa diterapkan oleh siapa pun. Sebelum itu, kenalan mengenai bot Telegram terlebih dahulu.

Tentang Bot Telegram

Bot berasal dari kata Robot, berarti bot Telegram adalah Robot berupa aplikasi tambahan untuk membantu pengguna Telegram untuk merespon perintah yang telah diset oleh admin bot tersebut.

Bot ini sama dengan pengguna biasanya, namun dia tidak mempunyai nomor telepon dan dijalankan oleh komputer. Maka dari itu bot telegram hanya menerima dan menjalankan perintah yang sudah diatur oleh pengguna sungguhan.

Membuat Bot Telegram dengan Manybot

Manybot adalah platform yang mempunyai beragam fitur untuk pembuatan bot. dengan manybot ini Anda bisa mengirim pesan  berupa text, gambar, video dan file ke pelanggan dalam waktu yang bersamaan tanpa ribet.

Anda bisa mengatur perintah khusus yang memungkinkan bot yang Anda gunakan membalas dengan pesan yang sudah ditentukan sebelumnya atau pesan acak dari list yang dibuat. Cara membuat bot telegram dengan manybot sangat mudah dan tanpa coding, berikut caranya :

Langkah 1 : Membuat Bot

  1. Silakan buka aplikasi Telegram.
  2. Ketik di kolom Search dan ketik “Manybot”. Akan muncul beberapa list, temukan dan klik Manybot dengan foto M bewarna oranye.
  3. Muncul dialog dari platform tersebut, dan klik START untuk mulai membuat. Anda akan mendapatkan pesan awal otomatis dari Manybot.
  4. Karena akan membuat bot, klik tulisan adbot yang dicetak biru pada pesan awal tersebut atau klik kotak menu Create a New Bot.
  5. Kemudian akan muncul langkah-langkah cara membuat bot Telegram dari Manybot secara detail, Anda dapat mengikuti arahan tersebut.
  6. Pada langkah pertama, Anda disarankan menggunakan BotFather. Cukup klik tulisan biru BotFather maka Anda akan diarahkan otomatis.
  7. Muncul dialog arahan dari BotFather, klik START untuk mulai membuat bot.
  8. Muncul tutorial cara menggunakan BothFather, klik tulisan biru newbot untuk membuat bot baru.
  9. BotFather akan menyuruh Anda mengisikan nama yang dipakai untuk bot yang Anda buat. Silakan ketik di kolom pesan dan klik Send.
  10. Selanjutnya Anda disuruh membuat username dengan menggunakan akhirn kata Bot, misalnya “Userbot” atau “User_bot”, lalu klik Send lagi.
  11. Disini Bot Telegram sudah dibuat dan Anda akan menerima informasi singkat dari BotFather.
  12. Anda harus mencatat token untuk akses HTTP API. Token tersebut digunakan jika nantinya Anda ingin mengatur sesuatu, misalnya notifikasi otomatis dari grup Telegram.

Langkah 2 : Verifikasi Token Bot

  1. Salin token bot
  2. Masuk ke Manybot lagi, klik tulisan biru I’ve copied the API token.
  3. Tunggu dan pastikan Manybot membalas Good, Send the API token in the message.
  4. Temple token yang telah disalin di kolom lalu klik Send.
  5. Tunggu hingga muncul pesan Token for (@username Anda) accepted!
  6. Diikuti dengan perintah untuk mengetikkan beberapa kata seperti “Hi Telegram” atau lainnya terserah Anda.
  7. Manybot akan membalas pesan yang berisi link bot Telegram Anda, klik link tersebut dan Masuk ke bot Telegram
  8. Klik START dan bot akan mengirim beberapa dialog pesan. Selesai.

Baca juga : Link Anonymous Chat Telegram

Itulah cara membuat bot telegram dengan mudah. Sekarang Anda bisa melakukan aktivitas di Telegram tanpa ribet. Selamat mencoba!