Cara Mengecek Nomor Hp Sendiri All Operator

  • 3 min read
  • Jan 22, 2021
Mengecek Nomor Hp

Ketika baru pertama kali membeli kartu SIM, pengguna akan diberi tahu informasi mengenai nomor hp yang digunakan pada kemasannya. Nomor hp ini adalah unik dan setiap pengguna memiliki nomor yang berbeda-beda. Perbedaan nomor hp tergantung dari berbagai faktor, namun yang paling umum adalah karena lokasi negara dan jenis operator yang digunakan. Untuk Indonesia, biasanya menggunakan kode +62 sebagai pengganti angka 0 di nomor hp paling depan.

Sedangkan untuk setiap operator, semuanya memiliki perbedaan. Misalnya untuk XL Axiata menggunakan awalan 087, kemudian Telkomsel 081 atau 0821, lalu Tri dengan 089, selanjutnya ada Indosat dengan 085, serta Smartfren dengan 088, dan masih banyak lagi. Perbedaan nomor hp pada setiap kartu SIM dan operator kadang membuat pengguna kebingungan, apalagi bagi yang tidak suka menghafal nomor telpon sendiri dan memiliki banyak kartu SIM, tentu mengingat nomor hp bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Namun Anda tak perlu khawatir, sebab ada banyak cara untuk mengetahui atau mengecek nomor hp sendiri. Di sini, kami akan membagikan tutorialnya untuk semua operator, silahkan simak selengkapnya seperti dilansir dari Yukampus berikut.

Cara Mengetahui Nomor Hp All Operator

Tanpa banyak basa basi lagi, berikut adalah tutorial lengkap cara mengecek nomor hp untuk operator Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Three, dan Smartfren. Simak dalam ulasan berikut.

1. Telkomsel

Telkomsel merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi terbesar di Indonesia. Provider ini memiliki berbagai operator, seperti Simpati, Kartu Halo, Kartu AS, hingga yang terbaru adalah By.U.

Untuk mengetahui nomor telpon Telkomsel di hp sendiri, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Masuk ke menu dial dan panggil *808# (biaya Rp. 25)
  • Masuk ke aplikasi MyTelkomsel di Android
  • Masuk ke Website Telkomsel dan login dengan menggunakan nomor telepon kamu

2. Indosat

Indosat (Indosat Ooredoo) adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Berbagai operator kartu SIM ditawarkan oleh Indosat, seperti IM3 dan Mentari.

Berikut adalah tutorial lengkap untuk mengetahui nomor telpon Indosat (IM3 dan Mentari) di hp sendiri dengan mudah dan praktis.

  • Masuk ke menu dial dan panggil *123#30# (Gratis)
  • Masuk ke aplikasi MyIM3 (MyCare) di Android

3. XL

Saat ini XL merupakan salah satu provider yang memiliki jaringan terluas di Indonesia. Tak heran bila banyak masyarakat yang menjadikan XL sebagai provider pilihan utama selain Telkomsel yang telah melegenda.

Ada beberapa cara untuk mengetahui nomor telpon XL Axiata di hp pribadi. Di antaranya adalah sebagai berikut, silahkan disimak.

  • Masuk ke menu dial dan panggil *123# lalu pilih Info Lainnya (nomor 7), Info XL ku (nomor 1), Detail Nomor XL (nomor 1), Cek Profile (nomor 1), Info Nomor (nomor 1) (Gratis)
  • Masuk ke menu dial dan panggil *123*7*1*1*1*1# (1 nya 4 kali) (Gratis)
  • Masuk ke aplikasi MyXL di Android

4. AXIS

AXIS menjadi bagian dari XL Axiata, sehingga jaringan yang dimilikinya pun juga tersebar luas di seluruh Indonesia. AXIS konsisten memberikan fasilitas nelpon, SMS, dan data internet yang relatif irit untuk semua kalangan masyarakat di Indonesia.

Bagi pengguna AXIS, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor hp sendiri. Berikut di antaranya.

  • Masuk ke menu dial dan panggil *123# kemudian pilih opsi MyInfo (nomor 7) (Gratis)
  • Masuk ke menu dial dan panggil *123*7*5# (Gratis)
  • Masuk ke aplikasi AXISnet di Android

5. Three

Meski tidak sepopuler keempat operator di atas, namun karena penawaran paket data internet yang mudah membuat Three (3) menjadi salah satu operator yang digandrungi masyarakat, khususnya anak-anak muda.

Untuk mengetahui nomor telpon pribadi Three, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Masuk ke menu dial dan panggil *111# kemudian pilih Cek Nomor Anda (nomor 7) (Gratis)
  • Masuk ke menu dial dan panggil *111*7# (Gratis)
  • Masuk ke aplikasi Three Apps di Android

6. Smartfren

Terakhir ada Smartfren, operator ini menjadi naik daun ketika menawarkan paket internet unlimited untuk semua kalangan. Sehingga banyak anak muda yang memilih berganti dari operator lama ke Smartfren.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor telpon sendiri di Smartfren, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Ketik INFO kirim ke 995 (Gratis)
  • Masuk menu dial phone dan panggil *995#
  • Masuk aplikasi MySmartfren di Android

Nah itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor telpon sendiri di hp Android atau iOs semua operator, mulai dari Telkomsel, AXIS, XL, Indosat, Smartfren, dan Three.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk semuanya ya!