Ini Alasan Penting Punya Genset untuk Rumah Sakit

  • 2 min read
  • Dec 06, 2019
Ini Alasan Penting Punya Genset untuk Rumah Sakit

Untuk mendukung kebutuhan instalasi listrik di rumah sakit, pihak rumah sakit biasanya mengandalkan suplai listrik dari PLN. Sebagai salah satu tempat pelayanan kesehatan masyarakat, rumah sakit tentu membutuhkan asupan listrik yang sangat besar. Oleh karena itu, suplai listrik harus diperhitungkan secara seksama sehingga energinya terpenuhi dengan baik.

Walaupun listrik dari PLN bisa dijadikan sebagai sumber listrik utama, namun rumah sakit juga harus melakukan perencanaan untuk memenuhi kebutuhan asupan listrik cadangan. Hal ini dikarenakan adakalanya listrik PLN mengalami gangguan sehingga terjadi pemadaman.

Mengapa Genset Penting untuk Rumah Sakit?

Pemadaman listrik bergilir tentu akan sangat berpengaruh terhadap jalannya pengoperasian alat-alat kesehatan rumah sakit. Jika pihak rumah sakit tidak memiliki perencanaan listrik cadangan, hal ini tentu akan sangat membahayakan karena alat kesehatan yang tidak beroprasi dapat membahayakan nyawa seseorang.

Genset merupakan sebuah solusi yang bisa digunakan karena bisa digunakan untuk menyimpan listrik cadangan. Anda juga bisa menyesuaikan genset sesuai dengan kapasitas listrik yang dibutuhkan oleh rumah sakit. Dengan adanya genset yang juga didukung dengan perawatan genset terbaik, maka rumah sakit tetap aman dan bisa terus beroperasi walaupun listrik PLN mati karena kebutuhan listrik bisa dialihkan ke sumber cadangan.

Agar asupan listrik dari genset dapat berjalan dengan baik, maka jangan lupa untuk melakukan perawatan genset secara rutin. Jika listrik PLN mati, maka genset secara otomatis akan mengambil alih sumber listrik. Sumber listrik yang berada di dalam genset nantinya akan ditransfer dengan alat transfer listrik yang juga dikenal dengan Automatic Main’s Failure (AMF).

Selain bisa dibeli secara langsung, Anda juga bisa melakukan penyewaan genset untuk memenuhi kebutuhan listrik cadangan di rumah sakit. Berbagai variasi daya yang tersedia bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan listrik rumah sakit.

Sewatama bisa menjadi salah satu pilihan jika Anda berencana untuk menyewa genset di rumah sakit karena penyewaannya bisa dilakukan dalam jangka panjang. Kapasitas pembangkit yang dihadirkannya juga beragam mulai dari 100 kVA hinga 10.000 kVA. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat terjadi pemadaman listrik.