Kegunaan Sticky Notes dan Post It yang Perlu Diketahui

  • Riaupos
  • Feb 03, 2024
Kegunaan Sticky Notes dan Post It

Sticky notes dan post-it, dua istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Meski sering diasosiasikan dengan dunia pendidikan, kenyataannya, kegunaan sticky notes dan post-it melampaui batas kelas dan meja belajar. Kedua alat tulis kantor ini menjadi pelengkap tidak hanya bagi para pelajar, tetapi juga para profesional dan bahkan kehidupan sehari-hari kita.

Pengertian Sticky Notes dan Post It

Secara umum, pengertian sticky notes dan post it adalah sejenis kertas yang dilengkapi dengan perekat pada bagian belakangnya. Alat tulis ini hadir dalam berbagai ukuran dan warna, memungkinkan penggunanya untuk menempelkan pesan atau catatan ke berbagai permukaan. Post-it pertama kali ditemukan oleh Art Fry, seorang karyawan 3M, yang mengembangkan konsep ini dengan bantuan rekannya, Spencer Silver. Mereka kemudian mendaftarkan merk dagang “Post-it” dan menetapkan “canary yellow” sebagai warna dagang mereka.

Sejarah dan Asal Usul Sticky Notes

Sejarah sticky notes dimulai pada tahun 1974, ketika Art Fry mencoba mencari solusi untuk masalahnya dalam menyimpan penanda buku pada bukunya saat bernyanyi di gereja. Ide ini kemudian berkembang menjadi suatu inovasi yang melibatkan bahan perekat yang dikembangkan oleh Spencer Silver. Post-it menjadi fenomena, mengubah cara orang bekerja dan berkomunikasi.

Kegunaan Sticky Notes dan Post It yang Perlu Diketahui

1.Membuat Planning To-Do List

Salah satu kegunaan utama sticky notes adalah untuk membuat daftar kegiatan atau planning to-do list. Dengan menuliskan tugas-tugas yang perlu diselesaikan pada selembar sticky notes, Anda dapat dengan mudah merencanakan dan mengorganisir pekerjaan Anda. Kemudahan ini menjadikan sticky notes sebagai alat yang sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas.

2.Menandai Progress

Sticky notes juga dapat digunakan sebagai alat untuk menandai progress atau perkembangan dalam suatu proyek atau tugas. Dengan menempelkan sticky notes berwarna-warni pada bagian yang sudah selesai atau mencapai milestone tertentu, Anda bisa dengan cepat melihat sejauh mana kemajuan yang telah dicapai.

3.Pengingat Aktivitas yang Diprioritaskan

Jangan pernah lewatkan deadline atau tugas yang penting dengan menggunakan sticky notes sebagai pengingat. Anda dapat menempelkan sticky notes dengan pesan atau catatan singkat mengenai aktivitas yang perlu diprioritaskan pada tempat yang mudah terlihat. Hal ini akan membantu Anda tetap fokus pada tugas yang harus diselesaikan.

4.Penanda Bacaan

Bagi para pembaca yang gemar menandai halaman buku, sticky notes bisa menjadi teman setia. Anda dapat menempelkan sticky notes ke tepi halaman buku sebagai penanda atau catatan singkat mengenai halaman tersebut. Ini tidak hanya membuat buku Anda terorganisir, tetapi juga mempermudah Anda untuk merujuk kembali pada bagian yang menarik.

5.Menyampaikan Pesan ke Orang Lain Secara Tidak Langsung

Sticky notes sering digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan atau catatan kecil kepada orang lain secara tidak langsung. Misalnya, meninggalkan pesan positif untuk rekan kerja di meja mereka atau menuliskan catatan lucu untuk teman sekantor. Sticky notes memberikan sentuhan pribadi pada komunikasi di lingkungan kerja.

6.Menulis Ide yang Muncul Secara Spontan

Saat ide brilian tiba-tiba muncul, sticky notes adalah solusi instan untuk menangkapnya. Anda bisa menuliskan ide atau pemikiran singkat pada selembar sticky notes dan menempelkannya di tempat yang mudah terlihat. Dengan cara ini, Anda tidak akan kehilangan ide-ide kreatif yang muncul secara tiba-tiba.

Selain kegunaan-kegunaan di atas, sticky notes dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Kreativitas dalam penggunaan sticky notes tidak terbatas dan tergantung pada imajinasi serta kebutuhan penggunanya.

Bikin Sticky Notes Sesuai Kebutuhan Anda Sendiri

Jika Anda ingin menyesuaikan sticky notes sesuai kebutuhan atau gaya Anda, kini telah ada agen percetakan Jakarta yang melayani pemesanan online seperti percetakanku.co.id, mereka menyediakan layanan pembuatan custom sticky notes sesuai ukuran dan warna. 

Anda dapat dengan mudah memesan sticky notes dengan desain, ukuran, dan warna sesuai keinginan dengan harga bersaing, Anda bisa memiliki sticky notes yang unik dan personal untuk keperluan kantor, sekolah, atau kehidupan sehari-hari.

Penutup

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegunaan sticky notes dan post-it jauh melampaui batas kelas dan meja belajar. Mereka telah menjadi alat yang tak tergantikan dalam meningkatkan produktivitas, membantu dalam organisasi, dan menyediakan sarana kreatif untuk berkomunikasi. 

Dengan adanya berbagai kegunaan yang fleksibel, tak heran jika sticky notes menjadi teman setia bagi banyak kalangan, dari anak sekolah hingga profesional. Jangan ragu untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif Anda dengan sticky notes, dan jika Anda memerlukan sticky notes khusus, percetakanku.co.id siap membantu Anda menciptakan yang terbaik.

Related Post :