Mengenal Ardi Handayat, Blogger Remaja Berprestasi Asal Riau

  • 3 min read
  • Jan 23, 2021
Ardi Handayat

Muhammad Nur Ardi Handayat atau biasa disapa akrab dengan Handayat adalah seorang remaja berprestasi asal Provinsi Riau. Remaja kelahiran Perawang, Siak ini memiliki segudang prestasi di tingkat nasional dalam bidang dunia digital, terutama dalam dunia tulis menulis dan juga videografi.

Handayat sendiri sudah lebih dari 20 kali memenangkan kompetisi blog dan video di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh berbagai instansi yang kredibel, mulai dari kementerian hingga perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia.

Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta.

Dalam tulisan kali ini kami akan membahas lebih dekat mengenai Muhammad Nur Ardi Handayat yang merupakan seorang remaja berprestasi asal Provinsi Riau. Harapan kami, semoga tulisan ini bisa menginspirasi remaja-remaja lainnya di Riau dan di Indonesia.

Kenal Blog Sejak Duduk di Bangku Sekolah Dasar

Handayat sendiri sudah mengenal blog sejak duduk di bangku kelas 6 sekolah dasar. Hal itu berawal dari kebiasaannya yang gemar bermain game online di warnet (warung internet) dekat rumahnya, membuatnya menjadi tertarik terhadap dunia teknologi.

“Ya, aku kenal blog saat masih kelas 6 SD. Waktu itu penasaran sih sama teman di Facebook, terus aku tanyain deh. Bagaimana sih caranya bisa bikin seperti itu (blog), soalnya waktu itu aku belum tahu namanya apa. Terus dikasih tau deh caranya sama temenku tersebut.”

Hingga sekarang sudah menduduki kelas 12 SMA, Handayat masih aktif menulis di blog pribadinya.

Diundang ke Jakarta oleh KADIN Indonesia

Bulan Desember 2019 lalu, Handayat berhasil memenangkan lomba menulis blog yang diadakan oleh KADIN Indonesia. Ia berhasil meraih juara 3 setelah berkompetisi dengan ratusan peserta dari seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah, bisa merasakan naik pesawat dan ke Jakarta untuk pertama kalinya atas izin Allah lewat KADIN Blog Competition yang aku ikuti.”

Hal tersebut membuat ia diundang ke Jakarta pada bulan Januari 2020 untuk mengikuti acara penyerahan hadiah bersama dengan pemenang-pemenang lainnya dari berbagai . Di kompetisi blog yang diselenggarakan oleh KADIN Indonesia ini, Ardi Handayat menjadi pemenang dengan usia paling muda.

“Seneng banget bisa satu podium dengan para sesama Blogger yang sudah berpengalaman, bisa saling berbagi ilmu.”

Senang Berbagi Pengetahuan

Yang menarik selanjutnya dari Ardi Handayat adalah ia senang berbagi. Sempat diundang sebagai pembicara di acara Workshop yang diadakan oleh sebuah komunitas di Riau. Di workshop tersebut ia berbagi cara bagaimana langkah-langkah membuat blog untuk pemula. Selain itu, Handayat juga senang berbagi pengetahuan mengenai blogging di akun instagramnya yaitu @ardihandayat.

“Ya, aku senang berbagi ilmu yang sudah dipelajari. Karena menurutku, ilmu itu semakin dibagi semakin bertambah. Selain itu, dengan berbagi ilmu semakin menguatkan ilmu yang aku pelajari sebelumnya.” Ujar remaja berusia belasan tahun tersebut.

Berkepribadian Introvert

Berbeda dengan kebanyakan remaja seusianya, Handayat tidak menyukai aktivitas di luar rumah, terutama yang melibatkan banyak orang. Handayat lebih gemar beraktivitas sendirian di dalam rumahnya untuk mengurus blog, mempelajari hal baru, dan mengikuti berbagai kompetisi.

“Seriusan, aku males banget kalau diajak nongkrong atau ngumpul nggak ada tujuannya gitu sama temen-temen, buang-buang waktu menurutku. Aku lebih seneng menyendiri sih mempelajari banyak hal baru yang berguna buat masa depanku nanti. Kalaupun mau nongkrong gitu aku biasanya milih-milih, sama siapa, ngobrolin apa gitu. Setidaknya pas selesai nongkrong aku ada dapetin sesuatu, nggak cuman haha hihi aja.”

Senang Mempelajari Hal Baru

Tak hanya fokus pada satu bidang saja, Handayat juga senang mengembangkan potensi dirinya di bidang-bidang lainnya. Mulai dari mempelajari desain grafis, editing video, fotografi, videografi, hingga voice over semuanya ia pelajari.

“Menurutku penting banget sih bagi generasi sekarang ini untuk mempelajari banyak hal terutama yang berkaitan dengan dunia digital, hal ini insyaallah bisa bermanfaat bagi kehidupan kita ke depannya.” Ujarnya.

Belajar Secara Otodidak

Semua skill yang dimiliki oleh Handayat saat ini ternyata dipelajarinya secara otodidak loh. Menurut penuturannya, ia mempelajari semuanya dengan memanfaatkan Google dan Youtube.

“Alhamdulillah kita sekarang ini udah semakin mudah nyari apa aja di internet, tinggal kitanya aja gimana memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Tinggal ketik apa yang kita inginkan, bakalan banyak muncul pilihan sumber belajar yang bisa kita tonton atau baca dengan mudahnya.” Ucapnya.

Handayat berharap semoga para generasi muda Indonesia bisa memanfaatkan kemajuan teknologi informasi sekarang ini dengan sebaik mungkin agar bisa memberikan bermanfaat, baik itu untuk diri kita sendiri atau juga orang lain.