Pentingnya Mengetahui Prinsip Kerja Sel Surya

  • Riaupos
  • Apr 20, 2022
Prinsip Kerja Sel Surya

Beberapa tahun terakhir, penggunaan listrik mulai mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini pun membuat berbagai langkah penemuan energi baru terbarukan mulai bermunculan di Indonesia. salah satunya adalah pemanfaatan energi surya dari jasa pasang panel surya sebagai pembangkit listrik alternatif. Banyak kota-kota besar di Indonesia kini sudah mulai memanfaatkannya untuk memenuhi berbagai kebutuhannya.

Panel surya adalah sekumpulan sel surya yang telah ditata sedemikian rupa untuk menyerap pancaran sinar matahari secara efektif. Jadi, dalam hal ini tugas sel surya adalah menyerap sinar matahari. Prinsip kerja sel surya sendiri terdiri atas berbagai komponen dari photoviltaic atau komponen yang bisa membantu untuk mengubah cahaya matahari menjadi aliran listrik. Biasanya sel surya terdiri atas dua lapisan silikon yang dapat dijadikan sebagai semikonduktor.

Apa Itu Sel Surya?

Sel surya adalah semikonduktor yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan proses photovoltaic. Gabungan beberapa sel surya yang terdapat dalam satu panel dikenal dengan panel surya atau solar panel. Prinsip kerja sel surya adalah mengubah cahaya menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Saat ini, sel surya yang dikenal paling luas adalah sel yang berasal dari kristal silikon dan biaya produksi pun semakin lama semakin terjangkau dan tentunya bisa diandalkan dengan baik. Sel surya sendiri biasanya memiliki umur pakai hingga 25 tahun. Semakin murni molekul silikon yang digunakan, maka akan semakin baik pula sel surya dalam mengubah energi matahari menjadi tenaga listrik.

Dalam percobaan laboratorium, sel surya memiliki efisiensi hingga mencapai 44% saat berada dalam kondisi ideal. Akan tetapi, efisiensi panel secara umum sekitar 12-19% tergantung pada jenis kondisi dari solar panel tersebut. Selain efisiensi performa yang dimiliki sistem panel surya, efisiensi biaya dan ruang pun menjadi faktor penentu lainnya dalam menghasilkan energi listrik bagi kebanyakan orang.

Fungsi yang Dimiliki Sel Surya

Panel surya atau solar cell adalah perangkat listrik yang dapat mengubah energi matahari menjadi listrik dengan efek fotovoltaik. Fungsi utama dari sel surya sendiri adalah menangkan energi yang dikeluarkan oleh sinar matahari untuk diubah menjadi tenaga listrik yang dapat digunakan oleh manusia.

Cara kerja panel surya secara sederhana adalah panas yang dikeluarkan oleh cahaya matahari akan dikumpulkan, lalu digunakan untuk memanaskan cairan yang dapat menghasilkan uap. Uang yang dihasilkan dari panas oleh generator, kemudian akan menghasilkan energi listrik. Hal inilah yang dapat dijadikan sumber energi alternatif oleh banyak orang.

Panel surya ini ternyata menawarkan berbagai keunggulan. Salah satunya adalah dapat membantu Anda dalam menghemat biaya pengeluaran untuk tagihan listrik setiap bulannya. Jadi, biaya yang dikeluarkan untuk listrik pun jadi lebih hemat dengan sistem panel surya.

Prinsip Kerja Sel Surya

Prinsip kerja sel surya sendiri adalah pancaran sinar matahari yang terdiri dari beberapa partikel kecil yang disebut foton akan menghantam bagian atom yang terdiri dari silikon semikonduktor sel surya. Ledakan yang terjadi akibat adanya hantaman foton ini nantinya akan menimbulkan suatu energi yang besar dan mempu memisahkan elektron dari struktur atom penyusunnya. Elektron yang terpisah akibat adanya ledakan ini pun akan berubah menjadi dua muatan, yakni elektron negatif dan elektron positif.

Perbedaan antara elektron bermuatan negatif dan bermuatan positif adalah elektron bermuatan negatif akan lebih bebas bergerak pada daerah pita konduksi yang berasal dari material silikon semikonduktor. Nantinya atom yang kehilangan elektron akibat adanya pergerakan elektron negatif tersebut akan meninggalkan struktur kosong atau hole sebagai elektron bermuatan positif.

Bagian dari silikon semi konduktor yang diisi oleh elektron bebas tersebut nantinya akan bermuatan negatif dan fungsinya sendiri sebagai donor elektron pada bagian semikondukter dengan tipe-n. Sedangkan pada semikonduktor hotel dengan muatan positif nantinya akan berfungsi sebagai penerima elektron dan sebut dengan tipe-p.

Pada persimpangan yang terjadi antara tipe-n dan tipe-n akan membentuk PN Junction. Nantinya PN Juction ini akan menimbulkan suatu energi yang mampu mendorong elektron bebas dan hole secara kuat untuk dapat bergerak secara berlawanan arah. Arus listrik juga berasal dari persimpangan antara kutub positif atau negatif yang biasa disebut sebagai PN Junction.

Setelah kita mengenal prinsip kerja sel surya, ini waktu yang tepat untuk mulai beralih ke sistem panel surya atau energi terbarukan. Sebab cara kerja panel surya sendiri sudah cukup untuk memenuhi semua kebutuhan yang Anda miliki. Itulah sebabnya kini banyak orang mulai melirik sistem panel surya sebagai sumber energi alternatif yang mumpuni.

Bagi Anda yang mencari vendor panel surya terbesar di Indonesia, SUN Energy adalah solusi terbaik. Sebab di sini Anda bisa memasang sistem panel surya sesuai kebutuhan seperti perumahan, pusat perbelanjaan, area perkantoran, hingga pabrik atau industri. SUN Energy hadir untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut hanya untuk Anda.

Selain itu, SUN Energy sendiri diketahui punya produk-produk terbaik yang bisa membantu Anda dalam menghemat tagihan listrik hingga 30% setelah beralih ke tenaga surya. Hal ini pun tentu saja akan membuat Anda merasakan keuntungan yang maksimal setiap bulannya. Untuk memuaskan para konsumennya, SUN Energy juga selalu memberikan garansi kinerja hingga 25 tahun, sehingga Anda pun tak perlu lagi merasa khawatir mengenai kinerja dari panel surya yang dikeluarkan oleh SUN Energy.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan panel surya dari SUN Energy, klik laman SUN Energy untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Related Post :