Perbedaan Twitter Blue dan Twitter Biasa

  • Riaupos
  • Nov 19, 2021
Perbedaan Twitter Blue dan Twitter Biasa

Masih belum lama ini, Twitter rilis Twitter versi terbaru loh. Namanya adalah Twitter blue. Nah sebenarnya, apa sih perbedaan Twitter dan Twitter biasa? Mungkin, sebagian dari kita penasaran dan ingin tahu. Siapa tahu ke depan berminat pindah ke Twitter versi birunya kan?

Perusahaan medsos satu ini sudah ada dari tahun 2006. Mereka menyatakan, bahwa Twitter blue, atau Twitter biru ini adalah layanan berbayar. Untuk biaya perbulannya sendiri tergolong sangat terjangkau kok. Cuma Rp. 40.000 aja. Murah banget toh?

Dengan harga tersebut, kira-kira apa yang akan Anda dapatkan? Tentu ini menjadi pertanyaan yang paling dasar untuk membandingkan dan mengetahui perbedaan Twitter blue dan Twitter biasa nya.

Pihak Twitter sendiri menyatakan, bahwa dengan versi terbaru ini, seluruh penggunanya akan menemukan dan mengakses beberapa fitur khusus yang tidak bisa digunakan ketika menggunakan Twitter biasa. Dan ternyata, kehadiran beberapa fitur ini merupakan masukan dari pengguna setianya Twitter loh.

Hal ini sesuai dengan kebutuhan sebagian besar penggunanya. Ini disampaikan oleh mereka pada halaman blog resminya. Sehingga, dengan adanya fitur ini, bisa menjadi solusi atas keinginan dan kebutuhan berbagai pihak pelanggan dan pengguna setia Twitter.

Jadi untuk kerennya, kita bisa bilang, bahwa Twitter blue ini merupakan Twitter versi yang eksklusif.  Karena hanya orang-orang yang membayar yang dapat mengaksesnya.

Berikut beberapa perbedaan yang paling menonjol antara Twitter dan Twitter Blue sebagaimana yang dilansir dari Klikjon.com.

Bookmark folders

Perbedaan Twitter blue dan Twitter biasa yang pertama adala bagian bookmark folders nya. Sebagaimana disebutkan tadi, bahwa fitur-fitur ini hadir atas request, masukan, dan pertimbangan dari pihak pengguna setianya.

Dan sebenarnya, Anda bisa kok menemukan bookmark di Twitter yang versi biasa. Cuman, untuk kali ini, bookmarknya agak berbeda dari yang sebelumnya. Di mana, bookmark pada aplikasi Twitter blue ini bisa memilah rangkaian tweet yang sudah Anda simpan sesuai dengan kategorinya.

Selain itu, Anda juga dapat mengubah nama, warna, serta ikon pada folder tersebut. Tentu, ini bakalan mempermudah Anda kalau ingin mencairnya sewaktu-waktu ya. Selain itu, fitur bookmark ini juga akan memudahkan Anda dalam membuat dan juga menyimpan tweet.

Fitur luar biasa ini akan sangat menguntungkan buat Anda yang rajin memposting tweet. Atau, kalau selama ini belum pernah nge-tweet, cobain deh. Karena ini bakalan ngebantu banget loh.

Undo

Fitur yang menjadi perbedaan Twitter blue dan Twitter biasa yang selanjutnya adalah ketersediaan fitur undonya. Di tweet yang biasa, Anda sama sekali nggak bisa mengedit tweet yang sudah diposting. Ia kan? Sehingga hanya ada satu pilihan.

Yakni, apakah akan membiarkannya terposting saja dengan kesalahan, atau menghapusnya kemudian memposting tweet yang baru. Sementara pada fitur undo ini, Anda bisa membatalkan cuitan loh sebelum terunggah ke lini masa.

Keren kan? Sehingga, aplikasi ini nantinya akan memperlihatkan tombol undo begitu Anda mengklik send tweet. Sayangnya, pihak aplikasi memberikan batasan waktu, kapan Anda bisa mengeditnya. Yakni hanya dalam waktu 30 detik saja.

Itu artinya, kalau sudah lebih dari 30 detik, maka fitur undonya sama sekali nggak bisa digunakan lagi. Meskipun masih hadir yang versi 30 detik, tapi ini tetap worth it untuk digunakan. Ia nggak sih? Khususnya buat Anda yang masih suka typo.

Reader mode

Yang selanjutnya adalah reader mode. Untuk saat ini, nyaris semua orang membutuhkan reader mode. Baik reader mode yang disediakan oleh ponsel, atau aplikasi. Dan menariknya, Twitter menyediakan hal tersebut.

Tentu, kebenarannya akan sangat memberikan keringanan untuk semua penggunanya saat membaca thread  yang mungkin agak panjang. Sebagaimana kita tahu lah ya, ada banyak banget thread menarik untuk dibaca di Twitter.

Sehingga, kita butuh mode ini. Mode reader yang ditawarkan oleh pihak Twitter ini disusun ke dalam satu halaman yang memungkinkan untuk And abaca sekaligus.

Dengan tujuan, semua pembaca dan pengguna Twitter nggak meski pusing lagi buat melihat rentetan thread yang kadang membingungkan. Dan bisa memecahkan konsentrasi. Apalagi ditambah dengan menggeser layar untuk membacanya secara keseluruhan.

Penggunaan

Adapun perbedaan Twitter blue dan Twitter biasa yang berikutnya adalah pengakses. Mungkin dari tadi Anda sudah membayangkan bagaimana hebat dan canggihnya aplikasi ini kan?

Kabar kurang mengenakkannya adalah, Twitter yang versi blue atau Twitter birunya belum bisa digunakan di Indonesia. Heheh.  Untuk saat ini, ia hanya dapat digunakan untuk pelanggan yang tinggalnya di Negara Kanada dan jua Australia.

Buat Negara Indonesia sendiri masih belum bisa. Karena di luar keduanya. Nggak usah sedih. Karena Anda bisa puas-puasin menggunakan versi biasanya. Nanti kalau sudah rilis di Indonesia baru deh nyobain juga.

Nyobain berbagai fitur menarik yang mereka tawarkan. Mulai dari reader mode atau yang lainnya.

Harga

Perbedaan Twitter blue dan Twitter biasa yang selanjutnya adalah masalah biasa. Di mana, ini menjadi perbedaan yang paling mencolok antara keduanya ya. Untuk yang versi biasa, bisa digunakan secara gratis oleh siapapun.

Sementara versi yang blue dikenakan tarif Rp 40.000 saja. Biaya langganan ini masih terbilang terjangkau. Bagi untuk masyarakat kelas atas, menengah, atau kelas bawah.

Tentu, apakah akan menggunakan Twitter versi blue atau biasa menjadi sebuah opsi. Yang mana, setiap orang pasti mempunyai pertimbangan yang berbeda-beda. Karena akan didasari oleh banyak hal. Mulai dari kepentingan, biaya, dan lain sebagainya.

Demikian sekilas mengenai perbedaan Twitter blue dan Twitter biasa. Semoga bermanfaat.