Siapa, sih, yang tidak tahu Dieng Culture Festival? Bagi yang gemar traveling di dalam negeri pasti familiar dengan acara tahunan satu ini. Dieng Culture Festival adalah event tahunan yang digelar di dataran tinggi Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Pertama kali digelar pada tahun 2010, kini Dieng Culture Festival sudah memasuki tahun ke-10. Dengan mengusung tema The Inspiration Of Culture, Dieng Culture Festival 2019 bakal digelar pada 2 – 4 Agustus 2019.

Buat kamu yang terarik berkunjung ke Dieng Culture Festival dan ingin melakukan perjalanan via udara, sebaiknya cari tiket pesawat menuju kawasan Dieng dari sekarang. Bandara terdekat menuju wilayah Dieng adalah Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dan Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Kamu bisa memilih salah satunya.

Untuk menghadiri Dieng Culture Festival, ada beberapa tips yang patut kamu simak sebelum pergi ke sana. Dibutuhkan persiapan yang matang agar tercipta pengalaman yang seru dan menyenangkan. Berikut tips menyaksikan Dieng Culture Festival 2019.

  1. Fisik dan mental

Jangan pernah menyepelekan poin satu ini. Walau kelihatannya aman-aman saja, Dieng Culture Festival tak seperti yang kamu bayangkan. Ada banyak orang yang akhirnya merasa tak nyaman saat menghadiri Dieng Culture Festival. Hal ini biasanya dikarenakan kurangnnya persiapan fisik dan mental. Di dataran tinggi Dieng, pengunjung harus bisa beradaptasi dengan dingginya cuaca di sana.

Suhu di Dieng saat bulan Agustus biasanya hampir minus. Kalau fisik sedang tidak fit, bisa dipastikan kamu akan mudah jatuh sakit. Ancaman terkena hipotermia pun mungkin sangat besar terjadi. Perlu kamu ketahui kalau seluruh rangkaian Dieng Culture Festival dilakukan outdoor sehingga dibutuhkan persiapan fisik yang cukup matang agar tubuh tetap kuat menahan dinginnya angin di kawasan Dieng.

  1. Tempat menginap

Mendekati hari H biasanya hotel hingga homestay di sekitar Dieng sudah habis dipesan. Oleh karena itu, jangan pernah booking hotel secara mendadak atau jadi orang sok tahu dengan datang ke Dieng tanpa tahu mau menginap di mana. Di Dieng, ada dua pilihan penginapan yaitu outdoor dan homestay.

Kalau outdoor biasanya disewakan perkapling beserta dome untuk tiga hari dua malam. Sementara homestay bisa kamu sewa mulai dari tarif Rp200 ribu per malam. Mengingat cuaca Dieng yang hampir minus di bulan Agustus, kamu yang tidak kuat menahan cuaca dingin tak disarankan untuk memilih penginapan outdoor atau camping ground. Sebaiknya cari penginapan yang dekat dengan lokasi Dieng Culture Festival sebab jalan menuju Dieng Culture Festival akan sangat macet saat hari H.

  1. Kendaraan yang digunakan selama Dieng Culture Festival

Buat kamu yang tidak ikut open trip, disarankan untuk menyewa motor selama berlangsungnya acara Dieng Culture Festival. Namun, kalau rencana kamu hanya sebatas berkeliling dataran tinggi Dieng, kamu tak perlu menyewa motor selama tempat kamu menginap dekat denga komplek Candi Arjuna, lokasi diadakannya Dieng Culture Festival. Kamu cukup berjalan kaki sembari menikmati udara sejuk Dieng. Kalau kamu membawa kendaraan sendiri, kamu bisa memarkir di Lapangan Desa Dieng Kulon dan atau lokasi parkir yang disediakan warga.

  1. Tiket Dieng Culture Festival

Jika tiket pesawat sudah di tangan, kini saatnya kamu berburu tiket Dieng Culture Festival 2019. Belilah tiketnya dari jauh-jauh hari biar tidak kehabisan mengingat peminat acara tahunan tersebut sangat banyak. Tanpa tiket masuk, kamu tak bisa menyaksikan berbagai acara menarik seperti Jazz Atas Awan, Jamasan Rambut Gembel, Prosesi Ruwat Rambut Gembel, dan Prosesi Larungan. Jadi, pastikan kamu sudah beli tiket Dieng Culture Festival 2019.

  1. Perlengkapan pribadi

Ada banyak perlengkapan yang kamu bawa, terutama soal pakaian. Suhu Dieng yang bisa mencapai angka minus membuat kamu harus mempersiapkan pakaian tebal guna melindungi tubuh dari dinginnya suhu Dieng yang menusuk kulit. Bawalah setidaknya dua jaket tebal serta syal untuk menjaga tubuh tetap hangat. Selain baju hangat, kamu juga perlu membawa buff, sarung tangan, kaus kaki, dan yang terpenting gunakan sepatu yang nyaman. Buat yang gampang sakit, sebaiknya siapkan obat-obatan pribadi. Sisanya, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu selama berada di Dieng Culture Festival.

Jadi, sudah siap menyaksikan Dieng Culture Festival 2019?