Cara Menghasilkan Uang dari Instagram dengan Fitur Shopping

  • 3 min read
  • Jun 05, 2021
Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

Daripada mengarahkan pelanggan ke situs web Anda, Instagram Shopping memungkinkan mereka untuk memilih dan membeli produk dengan mudah dari aplikasi. Lupakan mal untuk sementara waktu. Hari ini ketika era digitalisasi makin meluas, Instagram adalah tempat untuk berbelanja sampai pembeli benar-benar bankrut.

Daripada mengarahkan pelanggan dari akun Instagram Anda ke situs web Anda, lebih baik arahkan pembeli untuk membeli barang Anda secara online. Lebih dari 130 juta pengguna melihat postingan belanja setiap hari, untuk mengetahui produk terbaru dari brand kesayangan mereka. Mulai dari brand yang paling murah hingga yang paling mahal, kini semua tersedia di Instagram. Bisa jadi social media yang sudah terkenal ini merupakan tempat yang tepat untuk mendapat keuntungan.

Cara menghasilkan uang dari instagram bisa ditentukan dengan banyak hal. Namun sebelum mengimplementasikan langkah-langkah tersebut, ada hal yang harus Anda sadari yaitu:

  • Mengapa Anda harus menggunakan belanja Instagram
  • Cara mengatur posting Instagram
  • Bagaimana cara mengoptimalkan postingan yang dapat dibeli untuk mendorong penjualan dan keterlibatan

Apa itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping adalah fitur yang memungkinkan sebuah merek untuk  membuat katalog digital produk mereka yang dapat dibagikan langsung di Instagram. Pengguna dapat mempelajari lebih lanjut tentang produk langsung di aplikasi, dan membeli langsung di Instagram (dengan Checkout) atau mengklik untuk menyelesaikan transaksi di situs e-niaga merek.

Berbagi produk atau mempromosikan penjualan di Instagram bukanlah hal baru. Menurut Instagram, 87% pengguna mengatakan influencer telah menginspirasi mereka untuk melakukan pembelian, dan 70% pembeli telah menemukan produk baru di Instagram sejak fitur ini dikenalkan ke publik.

Dengan fitur Belanja Instagram baru ini, seluruh proses disederhanakan hanya dengan satu platform. Pembeli tidak perlu install e-commerce pada smartphone mereka, cukup dengan instagram mereka bisa mendapatkan informasi seputar teman-teman, orang terkenal hingga produk kesayangan. Instagram Shopping akan lebih mudah dipercaya konsumen karena mampu mengarahkan konsumen ke produk yang original.

Toko Instagram adalah etalase digital merek yang dapat disesuaikan, yang memungkinkan pelanggan berbelanja langsung dari profil Instagram Anda. Anggap saja sebagai halaman arahan tempat pengguna dapat menemukan atau menjelajahi semua produk Anda.

Halaman Detail Produk menampilkan semua informasi produk utama, mulai dari deskripsi barang hingga harga hingga fotografi. Halaman detail produk juga akan menampilkan gambar yang diberi tag produk di Instagram.

Koleksi adalah cara Toko dapat mempresentasikan produk dalam grup yang dikurasi — pada dasarnya, ini seperti merchandising jendela depan digital Anda. Pikirkan: “Pakaian Musim Semi yang Lucu”, “Tembikar Buatan Tangan”, atau “Kolaborasi Nike x Elmo”.

Gunakan Tag Belanja untuk menandai produk dari katalog Anda di Stories atau postingan Instagram Anda, sehingga audiens Anda dapat mengklik untuk mempelajari lebih lanjut atau membeli. Bisnis A.S. yang menggunakan fitur Checkout terbatas Instagram juga dapat menandai produk di keterangan pos dan bios.

Dengan Checkout (saat ini hanya tersedia di wilayah tertentu), pelanggan dapat membeli produk langsung di Instagram, tanpa meninggalkan aplikasi. (Untuk merek tanpa fungsi Checkout, pelanggan akan diarahkan ke halaman checkout di situs e-niaga merek itu sendiri.)

Tab penemuan Toko baru di aplikasi Instagram juga menyediakan alat penemuan untuk non-pengikut. Gulir barang-barang dari merek besar dan kecil, di seluruh dunia: ini adalah window-shopping 2.0.

Tutorial

Berikut beberapa langkah nyata cara menghasilkan uang dari instagram dengan memanfaatkan fitur secara maksimal. Anda harus mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

Langkah 1: Ubah ke Akun Bisnis atau Kreator

Jika Anda belum memiliki akun Bisnis di Instagram, inilah saatnya untuk mengubahnya agar terlihat lebih professional. Selain membuat Anda memenuhi syarat untuk fitur Instagram Shopping, akun Bisnis juga memiliki akses ke semua jenis analitik menarik dan juga dapat menggunakan dasbor penjadwalan Hootsuite untuk posting.

Langkah 2: Hubungkan Ke Halaman Facebook

Anda tidak dapat memiliki Toko Instagram tanpa Halaman Facebook, jadi semoga Anda sudah memilikinya. Jika tidak, atur satu dalam tujuh langkah mudah. Aku akan menunggu.

Langkah 3: Unggah katalog produk Anda

Upload semua produk Anda. Anda memiliki beberapa opsi berbeda di sini. Anda dapat memasukkan setiap produk secara manual ke pengelola Facebook Business, atau mengintegrasikan database produk yang sudah ada sebelumnya dari platform bersertifikat (seperti Shopify atau BigCommerce.)

Langkah 3: Kirim akun Anda untuk ditinjau

Pada titik ini, Anda harus mengirimkan akun Anda untuk ditinjau. Peninjauan ini biasanya memakan waktu beberapa hari, tetapi terkadang mungkin berjalan lebih lama. Staf ahli akan memverifikasi akun Anda, meninjau produk yang ditawarkan, dsb.

Langkah 4: Aktifkan Belanja Instagram

Setelah Anda melewati proses peninjauan akun, saatnya untuk menghubungkan katalog produk Anda dengan Toko Instagram Anda.

  1. Buka pengaturan profil Instagram Anda.
  2. Ketuk Bisnis, lalu Belanja.
  3. Pilih katalog produk yang ingin Anda hubungkan.
  4. Klik selesai.