Contoh Program Kerja Ekskul Futsal Agar Makin Jago Main Futsal

  • Riaupos
  • Apr 11, 2022

Futsal adalah bentuk sepak bola dalam ruangan bersisi kecil yang diakui FIFA (kata tersebut merupakan singkatan dari ‘ftbol sala’ Spanyol). Permainan ini dimainkan antara dua tim yang masing-masing memiliki lima pemain di lapangan pada satu waktu, dengan pengganti bergulir dan bola yang lebih kecil dari sepak bola yang lebih keras dan kurang goyang.

Sedikitnya ruang berarti pemain harus memiliki teknik dan keterampilan yang hebat, dan juga sebagai olahraga profesional dengan kejuaraan nasional dan internasional, itu juga dianggap sebagai alat pengembangan untuk sepak bola 11-lawan-lawan.

Bagaimana Sejarah Adanya Futsal?

Sejarah singkat futsal

Apa yang menjadi futsal dikembangkan pada tahun 1930-an Uruguay oleh seorang guru bernama Juan Carlos Ceriani, awalnya untuk bermain di lapangan basket. Dalam menulis undang-undang ia mengambil ukuran tim lima lawan satu dan durasi pertandingan 40 menit dari bola basket, dimensi lapangan dan gawang dari bola tangan, dan aturan penjaga gawang dari polo air.

Permainan segera menyebar ke seluruh Amerika Selatan, di mana aturan distandarisasi dan konfederasi internasional pertama dibentuk pada tahun 1965. Pada tahun 1989, FIFA mengambil alih sebagai badan pengatur olahraga, mengadakan edisi pertama Piala Dunia pada bulan Januari di Belanda, Brasil. mengalahkan tuan rumah di final.

Turnamen UEFA pertama datang pada tahun 1996 , dimenangkan oleh tuan rumah Spanyol, dan diikuti oleh Kejuaraan Futsal Eropa UEFA penuh pada tahun 1999, Rusia menang. Delapan tim terlibat dalam final tersebut; pada tahun 2022, akan ada kompetisi 16 tim di Belanda dengan 50 dari 55 anggota UEFA memasuki kualifikasi. Piala Futsal UEFA klub dimulai pada 2001/02 dan sekarang menjadi Liga Champions Futsal UEFA , sesuai dengan kompetisi profesional di sebagian besar benua.

Di negara-negara seperti Brasil, Argentina, Portugal dan Spanyol, adalah normal bagi pemain muda untuk tumbuh bermain futsal, dan bahkan mereka yang beralih ke sepak bola memuji keterampilan mereka pada permainan kecil – bintang seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Neymar , Philippe Coutinho dan Wissam Ben Yedder, yang bermain futsal untuk Prancis sebelum bermain dengan 11 pemain.

Posisi Futsal dijelaskan

Sifat fluid dari futsal berarti pemain outfield biasanya menutupi seluruh lapangan tetapi umumnya akan memiliki peran utama.

Tidak semua formasi memanfaatkan semua posisi. Beberapa pemain dikenal sebagai ‘Universal’ dan dapat mengisi salah satu peran.

  • Kiper :  Dapat menangani bola di kotak penalti tetapi lebih terlibat dalam permainan lapangan daripada di sepak bola, dengan ukuran lapangan yang kecil membuat lemparan menjadi penting. Seringkali akan menempelkan jari mereka daripada memakai sarung tangan untuk membantu melempar.
  • Defender : Biasanya orang terakhir di depan kiper tetapi juga penting dalam memulai dan bergabung dalam serangan.
  • Winger : Seringkali pemain yang paling terampil dan kreatif, dan penting dalam serangan dan pertahanan.
  • Pivot : Biasanya pemain paling depan di lapangan. Tugas mereka bukan hanya sebagai pencetak gol tetapi sebagai seseorang yang bisa menahan bola dengan back to goal sebelum melepaskan rekan setimnya.
  • Universal : Seorang pemain mampu tampil di berbagai peran outfield.

Pada saat ini sudah banyak olahraga futsal ini dijadikan contoh program kerja ekskul futsal agar makin jago main futsal tersebut. Sehingga sudah banyak yang membuat baju jersey futsal untuk clubnya sendiri. Dimana mereka menggunakan jasa bikin jersey printing untuk membuatnya, sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan kita.

Selain itu, contoh ekskul futsal tersebut diadakan turnamen, entah antar sekolah sampai tingkat nasional.