Gerakan Indonesia Cinta Membaca untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Indonesia

  • 2 min read
  • Dec 02, 2020
Gerakan Indonesia Cinta Membaca

Membaca sangat penting untuk setiap orang, karena membaca dapat menambah pengetahuan dan wawasan seseorang. Namun sayangnya minat baca anak Indonesia masih rendah, oleh sebab itu, kita harus menciptakan Indonesia cinta membaca. Menurut data dari UNESCO, Indonesia berada di urutan kedua dari bawah dalam bidang literasi dunia, artinya minat baca di Indonesia masih sangat rendah, yaitu hanya 0,001%.

Lantas apa yang menyebabkan minat baca di Indonesia masih rendah? Perlukah diadakan momen baca bersama untuk anak di usia dini? Pasalnya, penyebab minat baca rendah bukan hanya dari masyarakatnya, tetapi kurangnya akses bagi masyarakat lain di Indonesia, khususnya di daerah terpencil.

Tips Meningkatkan Minat Baca Anak

Memiliki minat baca yang tinggi bukanlah bakat dari lahir, tetapi perlu dilatih dan dibiasakan. Indonesia cinta membaca harus ditanamkan pada anak sedini mungkin sehingga ketika dewasa nanti mereka akan mengetahui pentingnya membaca untuk meningkatkan kualitas diri. Adapun berikut ini merupakan cara meningkatkan minat baca anak Indonesia, di antaranya yaitu:

  1. Tumbuhkan motivasi anak untuk rajin membaca. Ajarkan kepada mereka bahwa membaca dapat menambah wawasan dalam diri dan memberikan dampak positif di masa depan.
  2. Berikan buku bacaan dengan tema yang diminati anak. Sehingga mereka membaca dengan santai dan tanpa beban atau keterpaksaan. Anda dapat bertanya kepada anak buku apa yang disukainya. Jangan memaksa mereka membaca buku yang tidak disukai dan berat, karena akan membuat jenuh.
  3. Bacakan dongeng sebelum tidur kepada anak. Hal tersebut efektif menciptakan momen baca bersama anak serta meningkatkan minat baca anak, di mana mereka akan penasaran dengan cerita yang Anda baca dan mulai membacanya sendiri.
  4. Berikan ruang baca untuk anak yang menarik, misalnya di kamar mereka, tempat belajar atau ruang lainnya. Pastikan ruang baca tersebut nyaman untuk anak, dan jauhkan dari benda yang mengganggu seperti radio dan televisi.
  5. Berikan les membaca untuk anak. Anda dapat mengajak anak untuk mengikuti kegiatan membaca di tempat bimbingan seperti Tanoto Foundation. Tanoto Foundation menggagas gerakan Indonesia cinta membaca untuk menumbuhkan budaya membaca pada anak.

Itulah beberapa tips meningkatkan minat baca anak yang bisa Anda lakukan. Tanoto Foundation tempat terbaik anak untuk membaca dan bermain lebih menyenangkan. Anda juga bisa mengikuti kegiatan Indonesia cinta membaca yang diadakan oleh Tanoto Foundation yaitu kompetisi sharing Momen baca. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi Instagram @tanotoeducation atau https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-