Inilah 9 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah yang Perlu Anda Ketahui

  • Riaupos
  • Jan 31, 2022
Manfaat Makan Bawang Putih Mentah

Seringkali kita melihat bawang putih digunakan sebagai penyedap masakan agar rasanya lebih gurih. Meskipun rasanya lebih enak saat dikonsumsi secara mateng dan sudah dimasak, tetapi mengonsumsi bawang putih mentah memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.

Banyak orang yang memakan bawang putih mentah untuk mendapatkan manfaatnya, seperti mengatasi sebuah penyakit atau pencegahan risiko penyakit tertentu. Jika Anda ingin mengetahui tentang manfaat makan bawang putih mentah lebih lanjut, simak ulasan ini, ya!

Kandungan Bawang Putih

Terdapat kandungan bawang putih yang perlu Anda ketahui sebelum memakan bawang putih secara mentah. Di bawah ini terdapat beberapa kandungan dalam 100 gram bawang putih, yaitu:

  • Air sebanyak 71 gram
  • Kalori sebanyak 122
  • Protein sebanyak 7 gram
  • Lemak sebanyak 0,3 gram
  • Karbohidrat sebanyak 24,6 gram
  • Kalsium sebanyak 42 miligram
  • Fosfor sebanyak 109 miligram
  • Besi sebanyak 1,5 miligram
  • Kalium sebanyak 377 miligram

Manfaat Bawang Putih Mentah

Tidak semua orang menyukai bawang putih mentah yang langsung dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu, sebab rasanya sangat kuat dan lebih pedas. Namun, jika Anda mengetahui manfaat bawang putih mentah, mungkin Anda bisa mempertimbangkan dalam mengonsumsi bawang putih mentah.

Berikut ini terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi bawang putih mentah, antara lain:

  • Mengobati Asam Urat

Jika Anda menderita asam urat, Anda bisa pertimbangkan konsumsi bawang putih mentah untuk mengobati asam urat. Terlihat banyak masyarakat Indonesia mengalami asam urat dan banyak dari penderita tidak ingin meminum obat kimia.

Oleh karena itu, bawang putih yang mengandung antioksidan bisa menjadi jawaban bagi penderita asam urat. Sebab kandungan antioksidan bisa membantu dalam mengontrol produksi purin yang berada dalam tubuh.

  • Mengobati Keputihan

Keputihan yang terjadi pada wanita akan sangat menganggu dan memberikan perasaan tidak nyaman. Terjadinya keputihan disebabkan oleh adanya infeksi bakter, jamur, atau virus, terkadang memberikan rasa nyeri dan bau tidak sedap.

Anda bisa mengonsumsi bawang putih untuk mengobati keputihan. Anda bisa konsumsi bawang putih mentah maksimal tiga siung setiap hari dalam waktu tertentu.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang putih memiliki manfaat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Hal ini dikarenakan bawang putih bisa mencegah terbentuk enzim di organ hati, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Diketahui minyak bawang putih memiliki kandungan diallyl trisufide yang bisa melindungi jantung setelah mengalami serangan jantung dan setelah melakukan bedah jantung, serta bawang putih bisa membantu menangani penaganan untuk gagal jantung. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

  • Meningkatkan Kesuburan

Terdapat riset yang dikutip dalam Journal of Herbmed Pharmacology yang menjelaskan bahwa antioksidan dalam bwang putih bisa membantu dalam memperbaiki kadar testosteron dan struktur testikular, sehingga produksi sperma akan lebih berkualitas.

Namun, penelitian bawang putih yang memberikan manfaat pada meningkatkan kesuburan hanya dilakukan penelitian melalui laboratorium, sehingga perlu penelitian lebih lanjut agar bisa mengetahui keefektifan bawang putih pada meningkatkan kesuburan.

  • Mengobati Disentri

Disentri adalah suatu infeksi yang terjadi pada usus sehingga menyebabkan diare berair yang disertai dengan darah atau lendir. Anda bisa mengobati disentri dengan memakan bawang putih dengan menumbuk 10 siung bawang putih.

Kemudian tumbukan bawang putih bisa Anda rendam ke dalam air hangat sebanyak tiga gelas selama enam jam. Anda bisa meminum campuran tersebut sebanyak tiga kali sehari.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Selanjutnya terdapat manfaat bawang putih untuk menurunkan tekanan darah. Terdapat penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry yang memberikan bukti terkait manfaat yang satu ini.

Riset yang dilakukan di Ankara University tersebut menunjukan penemuan akan keefektifan bawang putih dalam menurunkan tekanan darah yang penelitiannya dilakukan selama empat bulan. Responden yang mengonsumsi suplemen dari ekstrak bawang putih menyatakan bahwa adanya penurunan tekanan darah secara signifikan.

  • Melawan Bakteri dan Jamur

Bawang putih memiliki kandungan diallyl sulfide yang dinilai mampu dalam mengatasi bakteri Campylobacter yang menjadi penyebab terjadinya gangguan pencernaan. Selain itu, kemampuan bawang putih dalam melawan gangguan pencernaan dinilai 100 kali lipat lebih efektif dibandingkan antibiotik.

Bawang putih juga bisa melawan jamur, seperti jamur pada kelamin yang disebut candida albicans. Kandungan bawang putih dapat bekerja sebagai antifungal dan bekerja efektif sebagai obat antijamur sama seperti clotrimazole, sehingga seringkali bawang putih disebut sebagai obat alami.

  • Melawan Radikal Bebas

Seperti yang kita ketahui, radikal bebas bisa menyebabkan risiko berbagai penyakit. Khasiat seperti kandungan antioksidan yang berada dalam bawang putih dapat melawan radikal bebas pada tubuh Anda.

  • Memberikan Efek Detoksifikasi

Terdapat kandungan sulfur yang berada dalam bawang putih, sehingga bisa memberikan manfaat dalam memberikan efek detoksifikasi. Jika Anda mengonsumsi dalam dosis tinggi, maka kandungan sulfur akan memberikan efek proteksi pada organ tubuh.

Dengan begitu, tubuh akan terlindungi dari racun metal yang kemungkinan besar berada dalam tubuh kita.

Seluruh manfaat yang diberikan bawang putih mentah dapat membantu kesehatan Anda, sehingga Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi bawang putih dalam takaran tertentu. Bagi Anda pengguna smartphone Android yang ingin mengetahui informasi seputar kesehatan, Anda bisa unduh aplikasi klikdokter melalui Google Play Store atau konsultasi dengan dokter di sini.