Kelebihan Pipa uPVC daripada Pipa PVC

  • 2 min read
  • May 31, 2020
Kelebihan Pipa uPVC dari pada Pipa PVC

Saat ini perkembangan pipa sudah memiliki kualitas yang lebih baik dengan pemilihan bahan dasarnya. Salah satunya adalah Pipa UPVC yang memiliki kelebihan dari pada pipa PVC. Apalagi brand pipa PVC Rucika yang sudah terkenal di Indonesia selama 40 tahun lebih.

Sebelumnya anda perlu tahu apa itu uPVC ?

uPVC atau singkatan dari Unplasticized Poly Vinyl Chloride adalah jenis bahan yang berasal dari bahan turunan plastik yang melalui proses sehingga menghasilkan sifat plastik menjadi hilan yang menyebabkan menjadi lebih lentur. Pipa PVC sebenarnya juga menggunakan bahan Poly Vinyl Chloride, namun di pipa UPVC terdapat Unplastized sebagai bahan yang memperkuatnya.

Selain digunakan untuk bahan PIPA Bahan uPVC ini banyak digunakan pada penerapan bahan bahan bangunan rumah lainnya atau digunakan sebagai interior industri seperti pintu geser, kusen, jendela dan lainnya. Karena memang sifatnya yang ramah lingkungan.

Selain itu kelebihan yang dimiliki dari pipa uPVC ini adalah memiliki proteksi terhadap api dan bebas perawatan.

Pipa UPVC memiliki keunggulan anti bocor sehingga memiliki durasi penggunaan yang tahan lama dan bahkan bisa bertahan selama 30 tahun,  tidak mudah berkarat atau berubah warna yang aman untuk mengalirkan air. Karena memiliki bahan yang lebih elastis dapat menjaga pipa tetap aman dari tekanan atau goncangan dari luar.

Untuk harganya sendiri jauh lebih mahal dibandingkan dengan Pipa PVC karena memang pipa uPVC ini merupakan jenis terbarunya yang dapat dilihat keunggulan yang dimilikinya.

Ada banyak jenis PIPA uPVC yang ada di Indonesia seperti Pipa SDR-41 atau pipa uPVC yang didesain untuk limbah, pipa jenis ini memiliki kemampuan untuk mengalirkan cairan tanpa tekanan sehingga memiliki tebal pipa yang relatif tipis. Juga pemasangannya yang sangat mudah tidak memerlukan mesin penyambung atau menggunakan lem pipa.

Dan ada jenis uPVC dengan menggunakan standar JIS diantara jenisnya yaitu Pipa UPVC AW / VP, Pipa UPVC D / VU, Pipa UPVC D dan Pipa UPVC C. Semua jenis ini memiliki perbedaan pada kemampuan dalam menahan tekanan aliran. Yang paling kuat adalah PIPA UPVC kelas AW / VP yang dapat menahan tekanan air paling tinggi dibandingkan kelas berikutnya.