Bajul Eco Lodge by Plataran adalah nama dari sebuah hotel yang ada di Bali dimana penginapan ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Dengan sistem pelayanan yang bagus dan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung.

Nah, sebelum mengetahui apa saja dan  bagaimana deskripsi hotel tersebut, berikut ada beberapa tempat wisata yang dekat dengan hotel tersebut yang bisa diakses dari pelabuhan Gilimanuk.

Rute Wisata Bali dari Gilimanuk

Gilimanuk sebagai sebuah pelabuhan feri yang ada di desa Gilimanuk, kecamatan Melaya, kabupaten Jembrana, Bali. Nah, mulai dari pelabuhan ini ada beberapa objek wisata Bali yang bisa dituju yang dekat dengan Hotel Bajul Eco Lodge by Plataran sehingga bisa menginap di hotel tersebut.

  • Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat (TNTB)  berada tak jauh dari pelabuhan Gilimanuk kurang lebih 2 km. Jika berjalan dari jalan Raya Gilimanuk kemudian pilih jalan Raya Cekik. Selain itu pilih jalan dari Surabaya menuju ke Banyuwangi dengan tujuan akhirnya di Ketapang.

Rute yang kedua  bagi pengunjung yang berasal dari pulau Jawa bisa langsung berjalan ke Taman Nasional Bali Barat tapi harus menyeberang selat Bali terlebih dulu agar bisa sampai di Gilimanuk. Perjalanan dilakukan menggunakan kapal feri yang menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan  memilih alat transportasi bus menuju jalan Cekik.

Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 2.500 setiap orang untuk wisatawan dalam negeri sedangkan untuk wisatwan asing dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 2000. Spot wisata ini juga dekat dengan hotel  Bajul Eco Lodge by Plataran sehingga sangat memungkinkan memilih hotel tersebut sebagai tempat penginapan.

  • Pantai Karang Sewu

Pantai karang sewu berada sangat dekat dengan pelabuhan Gilimanuk bahkan hanya butuh beberapa menit saja. Bagi yang sedang berlibur ke pantai Karang Sewu juga bisa memilih penginapan di hotel Bajul Eco Lodge by Plataran. Apalagi yang sedang berlibur dengan keluarga sangat cocok memilih hotel ini sebab memang didesain untuk penginapan bersama keluarga.

Nah, bagi yang berasal dari luar pulau Jawa untuk bisa sampai ke pelabuhan Gilimanuk, harus menggunakan kapal feri terlebih dulu. Selanjutnya untuk tiba di pantai Karang Sewu bisa berjalan kaki.

  • Bukit Batu Kursi

Merupakan objek wisata alam di Bali dimana pengunjung juga bisa melakukan wisata spiritual sekaligus.  Agar memudahkan akses ke lokasi wisata ini maka ketahui dulu alamatnya yang berada di Desa Pemuteran, kecamatan Gerokgak, Buleleng.

Cara akses ke lokasi ini bisa dilakukan dengan mudah melalui Pelabuhan Gilimanuk dari pusat kota. Namun sebelum tiba di pelabuhan, pengunjung harus melewati Pura Pulaki dan Pura Melanting. Setelah 5 menit perjalanan akan tampak Matahari Beach Hotel.

 Nah, dari sini pengunjung akan melihat jalan menuju Pura Pemuteran. Selanjutnya pilih jalan yang lurus dan terus ikuti jalan tersebut hingga tiba di depan pura. Kemudian pilih jalur sebelah kanan, maka pengunjung akan tiba di lokasi yang dituju.

  • Pulau Menjangan Bali

Berada di Desa Kalampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali sehingga bagi pengunjung yang ingin datang ke pulau ini harus berada di Bali terlebih dulu. Jika  titik lokasinya sudah berada di Bali, maka harus melalui pelabuhan Gilimanuk agar bisa sampai ke Pulau Menjangan. Selain itu, juga bisa dilanjutkan perjalanan jika ingin ke Taman Nasional Bali Barat.

Bagi pengunjung yang sudah berada di Denpasar, maka lanjutkan berjalan ke Gilimanuk yang jaraknya sekitar 129 km. Waktu yang bisa dihabiskan kurang lebih sebanyak 3 jam. Kemudian dari pelabuhan ini lanjutkan perjalanan menuju sebuah pelabuhan kecil yang dikenal dengan nama Labuhan Lalang. Lokasinya ada di desa Sumberklampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng.

Hotel Bajul Eco Lodge by Plataran

Hotel Bajul Eco Lodge by Plataran

Hotel Bajul Eco Lodge by Plataran Hotel

Setelah puas menikmati berbagai objek wisata yang ada di Bali, kini saatnya mencari penginapan hotel Bajul Eco Lodge by Plataran. Pengunjung bisa menemukan hotel ini dialamat West Bali National Park, Jalan Raya Seririt Gilimanuk, Singaraja, Pemuteran, Bali.

Fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung saat berkunjung ke hotel ini diantaranya  fasilitas umum yang terdiri atas area televisi bersama, antar jemput bandara namun dikenakan biaya tambahan, juga ada AC, penyewaan mobil, kamar keluarga, tersedia brankas serta kamar bebas rokok, juga tersedia area parkir dan wifi gratis. Layanan transportasi bisa antar jemput bandara.

Layanan resepsionis terdiri atas layanan concierge, meja layanan wisata, penitipan bagasi serta parkir valet. Juga ada layanan kebersihan  harian dan laundry. Fasilitas makan diantaranya ada buah-buahan, air mineral, makanan untuk anak dan juga layanan sarapan di dalam kamar serta ada fasilitas dapur bersama. Sedangkan fasilitas outdoor diantaranya ada area piknik, fasilitas untuk BBQ, taman serta perabotan yang ada di luar ruangan.

Bagi pebisnis yang mengunjungi hotel Bajul Eco Lodge by Plataran juga disediakan fasilitas bisnis diantaranya fasilitas fotocopy, fasilitas untuk rapat dan perjamuan yang dikenakan biaya tambahan. Sedangkan aktivitas rekreasi atau hiburan yang bisa dimanfaatkan diantaranya ada fasilitas hiking,  bersepeda, snorkeling yang tidak dikenakan biaya tambahan. Berbeda dengan layanan menyelam dan berkuda yang dikenakan biaya tambahan.

Pengunjung yang ingin menginap bisa melakukan check in mulai jam 14.00 hingga jam 23.00 WIB. Sedangkan check out bisa dilakukan sampai jam 12.00 WIB. Pengunjung juga tak diizinkan membawa hewan peliharaan. Sama dengan beberapa hotel lainnya, hotel ini juga tidak dibuka untuk anak-anak. Begitu juga tak ada ranjang untuk bayi dan tak ada tempat tidur ekstra.