Menganl Sebuah Alat Musik Gamelan

  • 2 min read
  • Sep 06, 2021

Di dunia permusikan pasti kamu sangat tidak asing lagi dengan alat music gamelan, gamelan merupakan sebuah ensemble music yang biasanya mengeluarkan metalofon, gambang, gong, dan juga gendang Ketika sedang di mainkan, nama gamelan sendiri yang berasal dari jawa gamel yang artinya adalah menabuh, yang di ikuti ahkiran yang menjadikan sebuah kata benda.  Alat music yang bisa dimaikan dengan secara bersamaan. Mungkin yang banyak sekali ditemukan di daerah-daerah tertentu seperti bali, madura, jawa, bali dan juga Lombok saat ini. alat music yang satu ini yang salah satunya adalah sebuah music yang sangat populer di Indonesia.

Dengan sebuah alat music yang sering kita temui pada beberapa kesenian tradisional di Indonesia, terutama di pilau jawa. Yang sebenarnya alat musik gamelan ini juga ada di beberapa daerah di sekitar yang sudah di sebutkan di atas tadi. Secara tradisional, masyarakat jawa yang sangat menyakini sebuah alat musik gamelan merupakan yang di ciptakan oleh dewa. Sang hyang Era Saka merupakan dewa yang sangat di Yakini sebagai salah satu pencipta gamelan itu, selain itu juga yang sangat di percaya sebagai dewa yang menguasai semua tanah jawa dengan istana yang juga sangat di percaya yang ada di daerah Gunung Mahendra.

Akan tetapi gamelan yang ada di pulau jawa yang sangat berbeda dengan gamelan yang ada di daerah bali dan juga sunda. Yang biasanya mempunyai sebuah ciri khas yang berbeda-beda, yaitu dengan sebuah nada yang sangat begitu lembut ketika di mainkan, sementara pada gamelan bali yang lebih sangat cenderung rancak dan juga gamelan sunda yang terdengar lebih mendayu karena di dominasikan dengan alat music seruling Ketika di mainkan.

Gamelan Wayangan

Yang mungkin kamu biasanay menonton acara wayang yang di pakai di pertunjukan wayang. Di sebuah lingkungan sebuah kraton, gamelan wayangan yang terdiri dari kendang, gender penerus, demung, gambang dan lain-lain. Sementara itu untuk sebuah gamelan laras pelog juga di pakai untuk mengiringi wayang madya dann juga wayang gedog.

Kendang

Kendang yang di buat dengan sebuah kulit hewan. Kendang ini yang sangat berfungsi untuk mengatur sebuah irama. Kendang ini yang bisa di bunyikan dengan sebuah tangan, tanpa sebuah alat bantu, jenis kendang kecil tersebut yang di sebut dengan ketipung, yang menengah di sebut kendang ciblon. Pasangan ketipung ada salah satu yang Bernama kendang gedhe yang berarti besar kendang ini yang di mainkan pada sebuah music gendhing yang sangat berkarakter halus seperti ketawang dan juga ladrang irama dadi. Biasa yang dimainkan dengan sangat cepat pada pembukaan lancaran, ladrang irama tanggung. Untuk bermain kendang, yang sangat di butuh kan oleh orang yang sangat mendalami budaya Bahasa jawa, yang di mainkan dengan sebuah perasaaan naluri si pemimpin, yan tentunya juga dengan sebuah aturan-aturan yang sangat berbeda.

Demung

Alat ini yang berbentuk bilahan dengan 6 atau 7 bilah yang di tum pakan pada bingkai kayu yang berfungsi sebagai resonator dengan sebuah instrument yang di tabuh dengan terbuat dengan kayu.

Bonang

Bonang yang di bagi menjadi 2 jenis yaitu bonang burung dan bonang penerus. Yang perbdeaannya lebih besar dan kecilnya bonang tersebut

Gambang

Sebuah instrument yang di buat dari sebuah bilah kayu yang di bingkai pada gerogbogan yang juga berfungsi sebagai resonator. Yang sangat kebanyakan dimainkan dalam gaya pola lagu dengan ketukan ajeg.