Olahan Bihun

  • 2 min read
  • Aug 11, 2021
Bihun

Salah satu makanan yang mudah dijumpai di berbagai tempat adalah bihun. Makanan satu ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu berwarna putih bersih dan bentuk juga sangat tipis. Selain mempunyai ciri khas, bihun ini juga memiliki tekstur yang berbeda yaitu agak kenyal dan dapat dibumbui sesuai keinginan pembuatnya.

Untuk olahan dari bihun ini ada yang makanan berat dan juga ada makanan yang ringan. Selain itu, bihun ini memiliki varian rasa mulai dari pedas, gurih hingga rasa manis. Kalau kamu tertarik mencoba, berikut ini ada olahan bihun yang bisa di coba di rumah masing-masing.

Bihun Kuah

Untuk proses pembuatannya sangatlah mudah yaitu dengan cara mencampur berbagai bahan wortel, brokoli dan juga paprika, lalu sisihkan dalam waktu beberapa menit. Selanjutnya kamu bisa siapkan dada ayam yang digoreng dengan tepung lalu sisihkan seperti di atas.

Langkah selanjutnya, rebuslah air dengan ukuran 750 ml hingga mendidih, lalu kamu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan juga daun yang sudah disiapkan seperti daun bawang, seladri dan juga yang lainnya. Selanjutnya di air ini juga tambahkan bihun lalu masak hingga semuanya menjadi matang.Untuk proses yang terakhir kamu dapat menambahkan irisan goreng ayam dan juga bawang goreng sesuai selera.

Bihun Goreng

Selain bihun kuah juga ada bihun goreng yang rasanya juga tidak kalah enaknya. Untuk resep bihun goreng ini dapat dibuat dari bahan bihun serta dengan tambahan bawang merah dan juga bawang putih. selanjutnya untuk proses dari membuat bihun goreng ini dengan membuat menggoreng bumbu dengan halus, lalu tambahkan garam secukupnya.

Pada air yang mendidik itu kamu juga tambahkan bihun dengan kecap manis lalu aduklah hingga merata. Setelah itu, kamu bisa mencoba mencicipi terlebih dahulu, jika ada yang kurang sedap bisa menambahkan garam sesuai takaran.

Kue Kering Bihun

Jika yang lainnya berupa kue masakan, tetapi pada bagian ini bihun tersebut diubah menjadi kue, sehingga, dapat kamu sajikan untuk camilan baik siang ataupun malam hari. Untuk proses pembuatannya juga sangat mudah yaitu dengan menggoreng bihun itu terlebih dahulu lalu sisihkan. Di langkah selanjutnya ayak tepung maizena dan juga juga susu bubuk yang disiapkan.

Lalu, kamu dapat mengocok margarin, gula, dan bahan lainnya dengan mixer hingga mengembang. Selanjutnya, kamu bisa masukkan bihun yang sudah di goreng ini lalu campurkan dengan tepung yang tadi. Kemudian, kamu bisa mengambil adonan tadi yang sudah di mixer sebanyak 5 gram lalu pipihkan dengan garpu.

Untuk hasil yang maksimal kamu bisa olesi dengan kuning telur dan juga bisa ditambahkan choco chip untuk membuat rasa lebih enak. Langkah terakhir kamu dapat memanggang semua yang disiapkan itu selama 40 menit. Setelah itu, kamu bisa mengambil kue tersebut dari oven dan diamkan beberapa menit saja.

Itulah beberapa olahan bihun yang bisa kamu coba untuk dijadikan sebagai menu makanan dan juga dibuat camilan untuk yang bihun keringnya. Dari semua olahan ini memang bihun goreng yang cukup banyak peminatnya. Hal ini karena bihun satu ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan cocok untuk menu makanan baik pagi, siang ataupun malam hari.

Dari berbagai olahan di atas sebenarnya masih banyak lagi olahan bihun dengan versi terbaru. Jadi kamu bisa mengkreasikan sendiri bagaimana membuat bihun ini lebih nikmat dan juga dapat dibuat dalam bentuk makanan ataupun kue kering.