Pentingnya Pelatihan Juru Las untuk Tingkatkan Keahlian

  • 2 min read
  • Sep 14, 2021
Pelatihan Juru Las

Di berbagai profesi termasuk juru las maka syarat yang harus dimiliki adalah mencintai profesi yang sedang dilakoni. Hal ini berlaku khususnya bagi mereka yang ingin sukses dimana mau tidak mau haruslah mencintai. Alasannya sederhana, jika kita tidak mencintai apalagi tidak tertarik maka bisa saja profesi yang dijalankan itu dilakukan dengan setengah hati. Akibatnya mudah ditebak dimana Anda tidak memiliki semangat serta tidak mau meningkatkan potensi diri.

Satu hal yang perlu diketahui untuk memahami bagaimana teknik las maka trik yang harus dilakukan adalah mengikuti berbagai pelatihan. Untungnya pemerintah secara berkala menggelar pelatihan untuk bidang-bidang tertentu yang bertujuan untuk mencetak para lulusan dan memiliki keahlian semakin baik. Nah bagi Anda yang ingin menjadi juru las profesional maka mengikuti pelatihan ini adalah solusi terbaik. Apalagi dengan sertifikasi yang nantinya akan didapatkan akan memberi nilai lebih bagi Anda.

Bagaimana Menjadi Profesi Juru Las yang Terbaik

Tidak sedikit yang bertanya atau apa sih tips dan trik agar menjadi profesi juru las yang banyak dicari? IUntuk mencari jawabannya ada beberapa hal yang memang harus kita ketahui seperti kompetensi. Atau, apa yang harus dimiliki oleh seorang juru las atau apakah perlu khawatir dengan kemajuan teknologi sehingga profesi ini tidak digunakan lagi. Nah di artikel ini akan dibahas tentang beberapa hal yang berkaitan dengan juru las serta latihan apa saja yang bisa di ikuti.

Berbicara soal juru las yang berpengalaman maka ada hal-hal yang harus dipersiapkan. Yang pertama adalah jika Anda ingin menjadi seorang juru las sudah pasti kondisi badan harus sehat dan tidak boleh gemetar. Kemudian yang paling penting lagi adalah bisa melakukan pekerjaan baik secara individu apalagi bekerjasama dengan tim. Dengan pengalaman yang dimiliki maka Anda bisa memperkenalkan peralatan las listrik dengan benar serta mencegah terjadinya kecelakaan. Dan pastinya Anda harus bisa menerapkan prinsip-prinsip kesehatan serta keselamatan kerja. Agar anda memiliki nilai lebih maka mau tidak mau harus mengikuti uji sertifikasi.

Berbicara soal Sertifikasi tentu pasti berkaitan dengan pelatihan yang cukup banyak ditawarkan oleh beberapa pihak. Adapun tujuan dari pelatihan juru las adalah memastikan kualitas pengerjaan dan sesuai dengan quality control yang ditetapkan. Bagi Anda yang ingin mengikuti jasa pelatihan maka carilah yang benar-benar berpengalaman serta mampu membuat Anda menjadi juru las yang handal.

Adapun kriteria dalam memilih pelatihan yaitu memiliki fasilitas yang mumpuni mulai dari material pelatihan kemudian mesin las yang terbaru. Dan yang terakhir adalah sertifikat pelatihan dari lembaga terkait. Oh ya, jangan lupa juga instruktur yang memberikan pelatihan haruslah yang benar-benar sudah berpengalaman. Dan bukan tidak mungkin Jika mereka adalah alumni dari lomba welding tingkat nasional maupun internasional. Sehingga mereka bisa berbagi pengalaman yang akan menambah pengetahuan Anda.

Untuk sertifikasinya sendiri sebaiknya memang dikeluarkan oleh instansi yang terkait karena sangatlah berpengaruh ke depannya. Dan untungnya pelatihan juru las tidak hanya menerima dari pegawai perusahaan saja akan tetapi bagi Anda yang ingin memiliki bisnis sendiri khususnya untuk juru las maka tersedia kelas individu. Tertarik? Sebaiknya jangan ditunda lagi mengingat profesi ini akan terus dibutuhkan meski perkembangan teknologi kian berkembang. Yang penting, keahlian Anda harus ditingkatkan dimana salah satunya adalah mengikuti pelatihan juru las ditempat yang banyak direkomendasikan.