Anda pasti sudah tidak asing dengan produk besutan Apple, yaitu iPhone. iPhone dengan segala keunggulannya telah menguasai pasaran ponsel pintar hampir di seluruh penjuru dunia, terutama di Indonesia. Nah, bagi Anda yang tidak ingin dinilai ketinggalan zaman, Anda pasti sudah tidak sabar ingin menimang iPhone. Namun, alangkah lebih baiknya jika Anda memastikan terlebih dulu hal-hal yang menjamin kualitas iPhone tersebut sebelum benar-benar membelinya. Berikut adalah poin-poin tentang apa yang perlu ditanyakan saat membeli iPhone baru Anda.

Sesuaikan tipe iPhone

Beragam tipe iPhone dari generasi pertama hingga yang paling anyar wajib Anda ketahui sebelum Anda memutuskan membeli perangkat ini. Jangan sampai Anda membeli tipe iPhone paling jadul padahal seharusnya Anda mampu membeli tipe yang semestinya di era sekarang. Kisaran harga yang ditawarkan pun terkadang cukup relatif, Anda tentu dapat menyesuaikannya dengan isi dompet Anda. Rekomendasi yang dinilai cukup, dalam arti tidak terlalu jadul dan tidak terlalu baru adalah dengan membeli iPhone 6. Karena iPhone ini memiliki ruang penyimpanan yang sudah mumpuni sekaligus spesifikasi yang lumayan mendukung.

Selain itu, sebelum Anda menuju toko resmi distributor iPhone, sebaiknya Anda melakukan pencarian di internet terkait tipe-tipe iPhone. Sebagai contoh, Anda bisa membandingkan iPhone 6 dan iPhone 6s. Anda harus mengecek spesifikasi yang dimiliki masing-masing perangkat dan menilai keunggulannya agar sesuai dengan dana yang Anda miliki. Jangan sampai Anda keliru membeli, niat hati Anda ingin membeli iPhone 6s, tapi Anda malah membeli iPhone 6.

iPhone Harus Masih Bergaransi

Jika Anda berniat membeli iPhone bekas entah secara online atau offline, sebaiknya Anda mencari iPhone yang masih bergaransi resmi. Memang harganya akan sedikit jauh lebih mahal, tapi dengan kualitas yang lebih terjamin, seharusnya begini lebih baik.  Alternatif lain yang bisa menjadi jalan pintas adalah dengan memilih iPhone yang tampak seperti baru. Dengan kata lain, Anda bisa memastikan masa garansi belum lama habis jika masih tetap ingin membeli iPhone tanpa garansi.

Kartu garansi dalam setiap pembelian iPhone adalah hal wajib bagi Anda yang sedang merancang daftar apa yang perlu ditanyakan saat membeli iPhone. Karena tanpa garansi, iPhone tersebut tidak dapat dijamin kualitas dan keasliannya.

Tanyakan Nomor IMEI

Anda tidak perlu buru-buru dalam membeli iPhone, karena Anda masih harus membaca baik-baik deskripsi produk yang tertera di sana. Apabila ada sesuatu yang mengganjal atau tidak sesuai, sebaiknya segera Anda tanyakan. Anda wajib meminta nomor IMEI iPhone tersebut sebelum melakukan transaksi. Cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk mengecek IMEI adalah dengan membuka menu Settings>General>About. Namun, di samping cara itu, Anda bisa melakukan berbagai macam cara lain untuk menguji keaslian IMEI dari iPhone yang hendak Anda beli.

Cek Kondisi Fisik

Satu hal yang terpenting adalah Anda wajib mengecek kondisi fisik iPhone secara teliti, sesuaikan perangkat dengan deskripsi termasuk adanya kelengkapan dan fungsinya. Berikut adalah kondisi-kondisi fisik yang Anda harus cek.

  • Cek Jaringan seluler dan internet
  • Periksa tombol Home
  • Periksa tombol Power
  • Periksa earphone
  • Periksa charger dan kabel USB
  • Periksa audio
  • Tes speaker

Pastikan Semua Fitur Berfungsi

Langkah terakhir dari kiat-kiat apa yang perlu ditanyakan saat membeli iPhone adalah pastikan semua fitur berfungsi, termasuk dengan iCloud-nya. Anda dapat mengecek responsivitas layar, konektivitas, kamera, kesehatan baterai, dan tentunya software lain di dalamnya.

Nah, untuk itu Anda jangan mudah tergiur dengan harga murah tapi kualitas nol dari iPhone yang hendak Anda beli. Untuk barang yang dijamin keasliannya, jawabannya hanya ada di JD.ID. Harga iphone di JD juga menarik karena ada banyak promo dan program diskon yang tersedia. Ayo periksa sekarang juga. Jangan sampai ketinggalan!