Khasiat Daun Katuk yang Masih Jarang Diketahui

  • 2 min read
  • Jul 22, 2021
Khasiat Daun Katuk yang Masih Jarang Diketahui

Daun katuk merupakan salah satu bahan yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Daun katuk umumnya dikenal untuk memperlancar produksi ASI. Akan tetapi, selain khasiat daun katuk tersebut juga ada banyak manfaat lainnya yang bisa diberikan dan apabila dikonsumsi dengan rutin. Hal tersebut tidak lepas dari dari kandungan daun katuk yang mempunyai beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Mulai dari lemak, protein, serat, vitamin C, folat, zinc, kalisum, magnesium, dan lainnya. Sehingga tidak heran dengan kandungan yang beragam tersebut akan memberikan manfaat terbaik untuk kesehatan. Seperti beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari daun katuk seperti berikut ini:

Gula darah yang tinggi merupakan salah satu kondisi kesehatan yang perlu dihindari karena bisa menyebabkan banyak penyakit lainnya. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk mengontrol kadar gula darah tetap normal dan juga menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi dauk katuk dengan rutin. Dari riset yang dilakukan menunjukkan bahwa daun katuk mempunyai kandungan yang baik untuk menurunkan kadar gula darah sehingga bisa meminimalisir dari resiko diabetes.

  • Mencegah obesitas

Berat badan berlebihan juga merupakan hal yang dapat untuk datangnya banyak penyakit di tubuh. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk menjaga berat badan agar tetap mempunyai berat badan ideal. Apabila mengalami obesitas, hal tersebut akan membuat adanya penumpukan jaringan lemak di dalam tubuh. Sehingga dapat membuat tubuh terserang banyak penyakit yang bisa disebabkan karena mempunyai berat badan berlebihan. Anda diharapkan dapat menjaga berat badan ideal yang dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi ekstrak daun katuk yang dapat mengurangi pembentukan jaringan lemak. Sehingga khasiat daun katuk ini dapat mencegah terjadinya obesitas. Selain mengkonsumsi daun katuk, Anda juga bisa melakukan pola gaya hidup yang sehat dengan berolahraga, makan sehat, dan menghindari stress.

  1. Membantu penyembuhan luka

Daun katuk juga mempunyai kandungan yang dapat membantu penyembuhan luka lebih cepat dan baik. Hal tersebut karena ekstrak daun katuk mempunyai kandungan antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Sehingga hal tersebut akan membuat luka lebih cepat pulih apabila digunakan untuk mengobati luka yang dipunyai. Bagi yang mempunyai luka ringan bisa untuk menggunakan ekstrak daun ini yang dipercaya dapat membuat proses pemulihan dan penyembuhan luka lebih cepat.

  • Mengatasi peradangan

Masalah kesehatan lain yang sering terjadi adalah ketika mengalami peradangan. Dimana kondisi ini adalah respond alami yang dipunyai oleh tubuh ketika terjadinya infeksi atau cedera. Walaupun mempunyai resiko atau efek yang tidak berbahaya dan bisa sembuh sendiri, akan tetapi lebih baik untuk mengatasi hal ini dengan baik. Salah satunya dengan menggunakan daun katuk yang membantu untuk mengatasi peradangan yang dialami.

  • Meningkatkan produksi ASI

Khasiat daun katuk terakhir yang paling dikenal adalah membantu untuk meningkatkan produksi ASI. ASI yang diproduksi dapat dipengaruhi oleh hormon prolaktif dan oksitosin. Dimana untuk mencukupi kandungan hormon tersebut dapat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, istirahat yang cukup, dan mengurangi stress. Ibu menyusui juga bisa memanfaatkan suplemen dengan kandungan daun katuk seperti dari Herbana Relief Sari Daun Katuk. Suplemen ini mempunyai ekstrak daun katuk yang bisa didapatkan dengan mudah dan harga terjangkau.