Pengertian Mobilitas Sosial

  • 3 min read
  • Jan 08, 2021
Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial merupakan fenomena yang terkadang menjadi penyebab munculnya sengkarut dalam penentuan kebijakan pemerintah. Ilustrasi ini tentunya tidak semuanya benar tetapi juga tidak serta merta kurang tepat.

Karena faktanya di dalam satu dinamika kehidupan berbangsa, fenomena ini tidak jarang menjadi masalah laten yang sulit terselesaikan. Pertanyaannya adalah apa yang dimaksud dengan pengertian mobilitas sosial?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut maka di bawah ini akan dijelaskan tentang pengertian mobilitas sosial secara lengkap yang telah kami dapatkan dari situs berpendidikan Cryptowi.com. Sedangkan ulasan pendukungnya adalah jenis mobilitas sosial. Ini dia ulasan selengkapnya:

Pengertian Mobilitas Sosial secara Umum

Menurut pandangan umum mobilitas sosial ialah perubahan status atau susunan status manusia yang hidup di lingkungan masyarakat tertentu. Jika dilihat dari definisi ini maka bisa disampaikan kalau pengertian mobilitas sosial adalah perpindahan kedudukan beserta peran masyarakat di dalam lingkungannya. Sebuah penilaian yang didasarkan pada fakta kejadian di dalam sebuah kelompok tertentu yang dinilai dari waktu ke waktu.

Pengertian Secara Bahasa

Mobilitas sosial diambil dari kata mobilis yang dalam bahasa latin bermakna bergerak. Kata ini disandingkan dengan kata social yang diserap dari bahasa Inggris yang berarti masyarakat. Dari kacamata definisi kebahasaan (etimologi) maka yang dimaksud dengan mobilitas sosial adalah gerakan masyarakat.

Jika disandarkan pada makna etimologi di atas, bisa juga mobilitas sosial dimaknai sebagai perpindahan lapisan masyarakat. Namun dalam konteks ini, ruang lingkup pemaknaan lebih dikerucutkan pada perpindahan strata sosial atau status dari masyarakat itu sendiri. Lain daripada itu, tetap didasarkan pada asumsi etimologi di atas, maka ada juga ahli yang menyatakan kalau mobilitas sosial merupakan aktivitas perpindahan kehidupan sosial warga.

Jika disimpulkan dari pengertian umum dan pengertian secara etimologi di atas, maka bisa ditarik kesimpulan kalau mobilitas sosial adalah gerakan yang terjadi disebabkan munculnya perpindahan status sosial masyarakat di waktu yang berbeda-beda. Tentunya definisi ini masih belum memuaskan karena ternyata masih banyak argumen lain yang dimunculkan oleh para ahli. Namun secara konklusi yang lebih luas maka definisi di atas lebih mengarah pada fenomena yang ada.

Jenis Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial dibedakan menjadi beberapa jenis. Kurang lebih ada dua jenis mobilitas sosial yang disebut mobilitas sosial vertikal dan mobilitas sosial horisontal. Tentunya dua jenis ini perlu dijelaskan untuk menilai lebih mendetail apa sesungguhnya mobilitas sosial.

Karena itu, di bawah ini dijelaskan tentang mobilitas sosial vertikal dan horisontal. Termasuk sub bagian penting yang terdapat di dalamnya disesuaikan dengan tipe dari jenis mobilitas yang ada. Ini dia uraian yang dimaksud:

1. Mobilitas Sosial Vertikal

Mobilitas sosial vertikal merupakan peristiwa perpindahan status sosial masyarakat ke status sosial yang tidak sederajat. Di dalam definisi ini juga terbagi menjadi dua yaitu perpindahan status ke status yang lebih tinggi atau upward mobility. Sedangkan yang kedua adalah perpindahan status ke status yang lebih rendah yang disebut sosial sinking.

Dua fenomena mobilitas sosial di atas tidak dimungkiri telah menjadi fenomena kemanusiaan di alam ini. Jika tidak pindah ke status yang lebih tinggi seperti dari miskin ke kaya tentu perpindahan dari status tinggi ke yang lebih rendah seperti status kaya menjadi miskin. Tentunya dari narasi di atas terdapat konklusi kalau jenis mobilitas sosial vertikal adalah fenomena perpindahan status yang paling sering terjadi.

2. Mobilitas Sosial Horisontal

Mobilitas sosial horisontal adalah perpindahan sosial atau status sosial masyarakat dari status yang lama ke yang baru tetapi masih memiliki kategori status sederajat. Tipe ini masih dibedakan lagi menjadi dua jenis yaitu mobilitas sosial lateral dan mobilitas sosial struktural. Keduanya juga memiliki makna dan tafsir yang berbeda.

Mobilitas sosial lateral adalah perpindahan masyarakat dari satu daerah ke daerah yang lain. Tetapi dalam konteksnya status sosial di tempat yang awal sama dengan yang akan dijalankan di tempat yang baru. Sedangkan mobilitas sosial struktural adalah perpindahan masyarakat dari tempat yang awal ke tempat baru tetapi tetap dengan mengusung struktur sikap, perilaku, kepribadian yang sama.

Itulah pengertian mobilitas sosial beserta jenis-jenisnya. Semoga apa yang dijelaskan secara singkat bisa menjadi tambahan informasi. Terutama yang tertarik untuk belajar tentang sosial dan perubahannya.