Untuk Cara Membersihkan Head Printer Canon, Epson, HP

  • 2 min read
  • Jan 08, 2021
Cara Membersihkan Head Printer

Head printer pada printer HP adalah komponen printer yang secara fisik memiliki fungsi untuk mencetak teks, desain atau gambar di atas kertas.

Seiring waktu penggunaan dalam jangka lama, terdapat kotoran debu dan residue pada head printer. Residue merupakan sisa tinta printer yang mengering. Jika hal ini terus dibiarkan akan mengganggu pencetakan sehingga kualitas cetakan printer menurun.

Head printer terdapat nozzle yang dapat menyemprotkan tinta, setelah digunakan nozzle dapat kontak dengan udara serta debu yang membuat tinta mengering dan menyumbat. Hal ini umum terjadi pada semua printer apapun merknya. Oleh karenanya, perlu dilakukan maintenance berupa pembersihan head printer.

Membersihkan head printer dapat memecahkan masalah sumbatan pada nozzle sehingga dapat mengembalikan mesin printer pada kualitas maksimal sepeti semula. Jika tidak yakin apakah head printer perlu dibersihkan, cara termudah adalah dengan melakukan pencetakan langsung pada kertas.

Baca : Download Service Tool V3400

Jika hasil cetakan terdapat garis atau titik hilang dalam teks atau grafis maka head printer perlu dibersihkan. Apabila hasil cetakan normal dan tidak terdapat dot atau garis sama sekali, head cleaning printer tidak perlu dilakukan.

Cara Pembersihan Head Printer

Terdapat dua metode cara pembersihan head printer yaitu secara manual dan otomatis melalui software resmi bawaan printer.

Selain itu, setiap merk dan tipe printer memilki cara pembersihan head printer yang berbeda. Sehingga printer HP, Canon, Epson dan Brother memiliki metode head cleaning yang berbeda.

Misalnya, pembersihan otomatis head printer HP biasanya berlangsung sekitar 25 – 27 menit. Sedangkan pembersihan head printer Canon akan berjalan lebih cepat sekitar belasan menit saja.

Pada printer HP, awal pembersihan dimulai dari panel kontrol printer. Proses pembersihan terdiri dari beberapa tingkatan.

Saat membersihkan head printer, terlebih dahulu memulai tingkat pembersihan dan menguji hasil cetakan printer setelah proses pembersihan.

Jika hasil cetakan masih terdapat masalah seperti garis, dot / titik dan hasil cetakan kurang bagus. Kamu bisa melakukan pembersihan head printerĀ  tingkat dua.

Jika masih kurang puas dengan hasil pembersihan tingkat dua, kamu bisa mengulangi proses cleaning ini lagi. Jika diperlukan, kamu bisa melakukan pembersihan hingga tiga kali (tingkat tiga).

Jika masih terdapat hasil cetakan yang tidak sesuai yang diharapkan, head printer bisa dibersihkan secara manual.

Untuk melakukannya, pertama buka penutup atas perangkat printer. Kemudian pastikan bahwa printer dalam keadaan hidup.

Kemudian, tunggu beberapa detik printer melakukan pemanasan awal dengan menyeret cartridge dan mengembalikannya seperti menggunakan normal.

Hal ini mencegah printer mati saat dilakukan proses pembersihan. Kemudian angkat head printer dan buka kuncian pada komponen serta tarik head printer keluar dari slotnya.

Dengan, hati-hati bersihkan masing-masing head printer dengan kain / serat kering yang halus. Usap secara perlahan pada bagian head.

Pastikan untuk tidak menyentuh bagian nozzle karena komponen ini sangat sensitif dan dapat menyebabkan kerusakan fatal pada printer.

Setelah head printer benar – benar bersih, tutup kembali printer dan menyalakannya. Pasang kembali head printer dan kembalikan box ke dalam perangkat printer secara hati – hati. Kemudian tutup printer seperti semula hingga rapat.

Jika perlu saat mengangkat head printer, bersihkan juga bagian dalam printer agar terhindar dari debu dan partikel asing yang dapat mengotori printer.

Kesimpulan

Meskipun metode pembersihan head printer terlihat mudah, namun banyak yang melakukan kesalahan saat pembersihan. Jika ragu untuk melakukan head printer secara manual, kamu bisa membawa ke tempat service printer.