Riau sebagai salah satu provinsi yang ada di Indonesia, di mana provinsi ini adalah penghasil devisa negara khususnya minyak bumi yang dianggap sebagai salah satu provinsi terkaya bersama dengan Provinsi Kalimantan Timur dan beberapa provinsi lainnya yang ada di Indonesia. Ternyata selain dari kekayaan alam khususnya yaitu tambang di Provinsi Riau, juga memiliki kekayaan wisata yang sebanding dengan provinsi lain.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Riau untuk Anda!

  1. Istana Siak Sri Indrapura

Tempat wisata yang ada di Riau yang bisa kamu kunjungi pertama kali adalah Istana Siak. Istana ini merupakan salah satu peninggalan dari kolonial Hindia Belanda dan juga Kerajaan Melayu Islam pada saat itu. Istana yang kini menjadi tempat tinggal Sultan Siak sejak tahun 1732 ini memiliki gaya arsitektur dari bangunannya mirip dengan gaya bangunan di Eropa, Arab, dan Melayu.

Istana ini berdiri di atas lahan seluas 32.000 meter persegi, kompleks istana ini memiliki sejumlah istana lainnya yaitu Istana Lima, Istana Panjang, Istana Baroe, dan Istana Siak itu sendiri. Istana ini berdiri dengan bangunan 2 lantainya, Anda bisa melihat-lihat isi dari dalam istana ini yang terdiri dari 6 ruangan di lantai bawah, dan 9 ruangan di lantai atas.

Tidak hanya terdapat ruangan-ruangan saja, wisatawan juga dapat melihat 8 meriam yang ada di sekitaran halaman Istana Siak ini, ada juga penjara bawah tanah, hingga beberapa koleksi dari Kesultanan Siak seperti halnya duplikat mahkota kerajaan, patung perunggu, tombak, alat musik komet, dan beberapa koleksi lainnya. Istana Siak sendiri berada di Jl. Sri Indrapura, Kp. Dalam, Siak, Kabupaten Siak, Riau 28773 dimana Istana Siak ini berjarak kurang lebih sekitar 94 km dari Ibukota Provinsi Riau atau 2 jam – 2,5 jam perjalanan. Untuk tiket masuk di Istana Siak ini khusus untuk orang dewasa dikenakan  tarif sebesar Rp10.000, dan untuk anak-anak dikenakan tarif sebesar Rp5.000, sedangkan untuk turis mancanegara dikenakan tarif sebesar Rp.25.000. itu belum untuk parkir, untuk parkir sepeda motor biaya parkir sebesar Rp2.000 dan parkir mobil sebesar Rp5.000*

  1. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus ini selain memiliki desain bangunan candi yang unik, berlibur dan mengunjungi situs sejarah di Candi Muara Takus juga bisa menambah wawasan Anda dan anak juga, loh? Candi Muara Takus merupakan salah satu candi peninggalan agama Buddha yang ada di Riau pada saat itu.

Candi Muara Takus merupakan salah satu peninggalan terbesar dari Kerajaan Sriwijaya yang konon katanya pernah menjadi salah satu pusat peradaban dan ritual keagamaan disana. Jika Anda ingin datang ke Riau bersama keluarga Anda, saya rekomendasi Anda untuk pergi mengunjungi candi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Untuk lokasi dari Candi Muara Takus berada di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia. Untuk tarif tiket masuk dikenakan biaya sebesar Rp5.000*

  1. Ulu Kasok

Ulu Kasok merupakan salah satu tempat wisata yang memberikan pemandangan alam yang sangat indah dan Ulu Kasok ini pemandangan alamnya memiliki kemiripan dengan yang ada Raja Ampat. Tidak heran jika tempat wisata ini disebut sebagai Raja Ampat dari Kampar.

Di sini, Anda tidak hanya bisa berfoto-foto dan juga memandangi keindahannya di satu titik saja. Ulu Kasok juga menyediakan tempat wisata lainnya seperti pulau yang pastinya kece abis untuk Anda kunjungi. Anda juga bisa mengelilingi di beberapa pulau kecil yang terdapat di kawasan wisata ini dengan menggunakan speedboat yang sengaja disewakan oleh penduduk lokal.

Anda juga bisa memandang keindahan alam di Ulu Kasok melalui gardu pandang yang berbentuk kekinian dan sangat instagramable banget. Tidak hanya itu, ditempat wisata Ulu Kasok juga terdapat air terjun yang bernama Air Terjun Ulu Kasok yang berada di kawasan wisata ini. Untuk tempat wisata Ulu Kasok sendiri berada di Pulau Gadang, Tj. Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau 28554. Untuk tarif dari tiket masuk pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp10.000, dan untuk jasa foto dikenakan biaya sebesar Rp20.000*

Demikian informasi yang bisa saya berikan tentang beberapa tempat wisata yang saya rekomendasi untuk Anda kunjungi. Jika Anda ingin mengetahui tentang tempat wisata, hotel, atau apapun tentang Riau Anda bisa langsung mengunjungi Peta Riau untuk mengetahui informasi lebih jelasnya tentang riau.