Tips Melakukan Perjalanan dengan Pesawat Terbang Saat Pandemi

  • Riaupos
  • Nov 11, 2021
Perjalanan dengan Pesawat Terbang Saat Pandemi

Kondisi pandemi Covid-19 di seluruh dunia mengalami pasang dan surut. Beberapa negara sudah mengalami penurunan kasus yang cukup signifikan. Sementara itu beberapa negara mulai mengalami gelombang ke-3 dan kasusnya mengalami kenaikan.

Mengingat situasi yang masih belum stabil ini, perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang ke luar negeri atau keluar kota harus diperhatikan dengan baik. Anda harus memikirkan banyak hal mulai dari memesan tiket pesawat sampai melakukan update aturan yang berlaku.

Agar perjalanan ke luar negeri atau kota bisa berjalan dengan baik. Ada baiknya untuk menyimak beberapa tips yang tersaji di bawah ini. Dengan begitu, perjalanan tidak akan menemui hambatan atau Anda bisa meminimalkan masalah.

1. Memahami Aturan Suatu Negara atau Wilayah

Hal pertama yang harus diperhatikan dengan baik sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri atau keluar kota dengan menggunakan pesawat adalah memahami aturan. Biasanya aturan akan berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu.

Perjalanan yang dilakukan keluar kota khususnya yang berada di kawasan Jawa dan Bali memiliki aturan tertentu. Salah satunya adalah memberikan syarat minimal dosis satu untuk vaksinasi Covid-19. Selain itu juga ada syarat tes PCR dan antigen.

Sementara itu beberapa negara memberikan syarat yang berbeda-beda. Ada yang memberikan syarat untuk melakukan karantina selama beberapa hari dan ada juga yang melakukan karantina hingga 2 minggu.

Intinya sebelum melakukan perjalanan ke negara tertentu melakukan riset terkait dengan aturan yang berlaku di sana. Jangan sampai rencana perjalanan tidak sesuai dengan keinginan karena lebih banyak melakukan isolasi mandiri daripada pelesir.

2. Sudah Vaksin Lengkap

Perjalanan dalam negeri atau keluar negeri dengan menggunakan pesawat terbang akan lebih mudah dilakukan apabila sudah mendapatkan vaksin Covid-19 secara lengkap. Apabila belum, segera lakukan paling tidak dalam 2 bulan ke depan.

Mendapatkan vaksin secara lengkap sangat penting karena saat ini aplikasi Peduli Lindungi sudah terintegrasi dengan sistem perjalanan luar negeri. Jadi, perjalanan ke mana pun dan kapan pun bisa dilakukan sesuai dengan keinginan.

Apabila Anda belum mendapatkan vaksinasi lengkap atau belum sama sekali, akan sulit untuk keluar negeri. Bahkan, perjalanan di dalam negeri saja akan sulit dilakukan khususnya yang memakai transportasi udara.

3. Pemesanan Tiket dan Akomodasi yang Tepat

Pemesanan tiket dan akomodasi juga harus diperhatikan dengan baik mengingat perjalanan wisata ke luar negeri atau kota membutuhkan penanganan yang terbaik. Jika tidak, Anda akan mendapatkan tiket mahal dan akomodasi yang tidak sesuai ekspektasi.

Pemesanan tiket dan juga akomodasi bisa dilakukan secara langsung dengan menggunakan Traveloka. Melalui aplikasi tersebut, Anda bisa langsung melakukan pemilihan hingga menyesuaikan tanggal berangkat dan lokasi dari hotel.

Pemesanan bisa dilakukan secepat mungkin untuk menghindari kehabisan tiket pesawat atau kehabisan akomodasi yang terbaik. Apalagi saat ini penerbangan sudah bisa dilakukan dengan lebih mudah. Jadi, kemungkinan wisatawan melakukan pelesir dan memenuhi hotel akan tinggi. Risiko kehabisan kamar akan besar.

4. Memikirkan Transportasi Sebelum dan Saat Traveling

Transportasi juga harus dipikirkan dengan baik khususnya sebelum melakukan perjalanan. Misal transportasi ke bandara Soekarno-Hatta atau CGK yang saat ini bisa dilakukan secara manual atau Pesan Tiket Kereta Bandara di Traveloka.

Selanjutnya, begitu sampai di tujuan harus memikirkan lagi transportasi apa saja yang bisa digunakan. Apabila ingin menggunakan transportasi umum pastikan pengelolaannya berjalan dengan baik dan selalu memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat.

Sementara itu apabila ingin lebih aman bisa memanfaatkan kendaraan sewa. Apabila di Indonesia kendaraan sewa bisa beragam mulai dari sepeda motor hingga mobil. Sementara itu apabila di luar negeri lebih disarankan memakai kendaraan umum agar bisa menghemat budget.

5. Mempersiapkan Dana Lebih untuk Isolasi Mandiri

Persiapan juga dana yang cukup untuk melakukan isolasi mandiri apabila berkunjung ke beberapa negara. Isolasi mandiri ini harus dibayar sendiri sehingga dana yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan wisata akan semakin besar.

Itulah kenapa apabila tidak dalam kondisi yang cukup mendesak, hindari datang ke negara yang memiliki kebijakan isolasi mandiri.

6. Memilih Negara yang Tepat

Pilih negara yang tepat sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri dengan menggunakan pesawat terbang. Kriteria negara yang tepat dikunjungi dalam kondisi pandemi terdiri dari: kasus positif melandai, vaksinasi sudah tinggi, tidak perlu isolasi, dan menerima wisatawan dari Indonesia.

7. Sabar Sebelum Berangkat

Ada baiknya untuk selalu bersabar sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri. Hindari beberapa negara yang memiliki trend kasus naik Covid-19.

Apabila ingin datang ke sana, pastikan untuk menunggu terlebih dahulu paling tidak tiga sampai enam bulan ke depan. Jika trend mulai membaik bisa langsung merencanakan perjalanan.

Dengan membaca ulasan di atas, Anda bisa semakin paham jika perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang harus dipersiapkan dengan matang. Apalagi perjalanan dilakukan ke luar negeri yang jumlah kasus aktif penderita Covid-19 masih tinggi. Misal Amerika atau beberapa negara di kawasan Eropa.

Selanjutnya patuhi aturan yang ada mulai dari sudah melakukan vaksinasi dan isolasi mandiri. Selain itu, Anda juga wajib menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Terakhir dan tidak kalah penting, sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat, pilih waktu yang tepat. Pastikan juga lokasi yang akan dikunjungi juga tidak memiliki tren kenaikan kasus Covid-19. Intinya, Anda tidak boleh memaksakan diri.

Jangan lewatkan juga promo spesial 11.11 dari Traveloka, Kamu bisa berburu tiket pesawat harga ramah kantong dan diskon menarik! Temukan saja promo 11.11 ke berbagai destinasi favorit, baik rute domestik maupun internasional. Yuk, langsung saja cek promo lengkapnya di Traveloka Lifestyle SuperApp!