7 Objek Wisata yang Tak Boleh Dilewatkan saat Berkunjung ke Bandung

  • 3 min read
  • Oct 09, 2021
Objek Wisata Bandung

Bandung selalu menjadi destinasi wisata menarik yang digemari masyarakat Jabodetabek maupun luar pulau Jawa. Selain lokasi yang dekat dengan ibu kota dan memiliki hawa sejuk, Bandung juga memiliki banyak objek wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Bila Anda tinggal di kawasan Jabodetabek, Anda bisa memanfaatkan moda transportasi kereta api Jakarta Bandung jika ingin berlibur ke kawasan Bumi Pasundan tersebut.

Ulasan tentang beberapa objek wisata populer di Bandung berikut ini akan membantu Anda merencanakan liburan singkat dalam waktu dekat:

The Lodge Maribaya

Kalau Anda sekeluarga gemar berkunjung ke kawasan pegunungan yang sejuk dan ditumbuhi hutan pinus, The Lodge Maribaya adalah destinasi wisata yang tepat untuk Anda. Saat sampai ke Lodge Maribaya, Anda akan disuguhi pemandangan hutan pinus yang asri. Cuaca di tempat wisata ini juga sangat sejuk dan pasti membuat Anda betah. Ada beberapa spot foto menarik yang bisa Anda pilih dengan tarif masuk berkisar di angka puluhan ribu rupiah. Setelah puas berfoto, Anda dapat bersantai di kafe sambil menikmati keindahan pemandangan yang tak akan Anda temui di ibu kota. Jangan lupa berburu foto instagramable selama berada di The Lodge Maribaya sebagai kenang-kenangan.

Dago Dream Park

Berwisata ke kawasan yang jauh dari pusat kota memang membutuhkan banyak waktu dan menyita tenaga. Jika Anda ingin berwisata ke tempat yang dekat dengan pusat kota Bandung, Dago Dream Park bisa menjadi salah satu solusinya. Perjalanan ke Dago Dream Park bisa ditempuh dalam waktu relatif singkat. Berbagai spot foto selfie pada tempat wisata keluarga di Bandung ini akan memuaskan keinginan Anda untuk berburu foto. Bahkan, Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas penginapan di area Dago Dream Park jika ingin bermalam selama beberapa hari untuk menikmati suasana Bandung sampai puas.

Tebing Keraton

Niat berwisata sambil menikmati panorama alam sekaligus menguji adrenalin bisa diwujudkan dengan mengunjungi Tebing Keraton. Tempat wisata alam ini terletak di Desa Ciburial, Kampung Ciharegem Puncak. Suasana alam yang sejuk dan asri di Tebing Keraton akan membuat Anda dan keluarga merasa rileks. Hamparan hutan pinus di kawasan tersebut menjadi latar foto yang istimewa dan terkesan natural. Banyak wisatawan yang sengaja menggunakan tenun etnik dan objek lainnya untuk menyempurnakan hasil foto dengan latar alam Tebing Keraton.

Perkebunan Teh Gambung

Perkebunan teh masih menjadi destinasi wisata Bandung yang menarik untuk dijelajahi. Salah satu kebun teh yang bisa menjadi referensi wisata untuk Anda adalah Perkebunan Teh Gambung di kawasan Ciwidey. Saat mengunjungi ke Perkebunan Teh Gambung, Anda bisa mengikuti wisata petik teh yang dikenal dengan sebutan ngabekong. Melalui program tersebut, Anda akan diajak mempelajari proses pengolahan teh, mulai dari penanaman hingga proses petik. Menikmati seluruh rangkaian wisata petik teh jadi menyenangkan karena dilakukan pada cuaca sejuk.

Pemancingan Bonita Lembang

Hobi memancing juga bisa disalurkan saat liburan ke Bandung dengan mengunjungi Pemancingan Bonita Lembang. Area pemancingan ini sangat asri dan nyaman sehingga cocok dikunjungi bersama keluarga. Tak hanya dapat memuaskan hobi memancing, Anda juga bisa menikmati aneka kuliner seafood dan makanan khas Sunda di Pemancingan Bonita Lembang. Anda bisa mengisi waktu senggang saat berada di Pemancingan Bonita Lembang dengan berjalan-jalan sambil berburu foto. Suasananya yang nyaman pasti bikin Anda betah dan tak ingin pulang.

Orchid Forest Lembang

Popularitas Orchid Forest Lembang sebagai salah satu tempat-tempat foto instagramable di Bandung tentu tak perlu diragukan lagi. Kawasan ini bahkan sering menjadi lokasi syuting film, salah satunya film Akhir Cinta Si Doel The Movie yang sangat fenomenal. Suasananya sangat sejuk dan didominasi hutan pinus serta tanaman anggrek cantik yang bermekaran. Ada beberapa wahana yang bisa Anda nikmati saat mengunjungi Orchid Forest Lembang, antara lain jembatan kayu, flying fox, rabbit forest, dan kuda tunggang. Tak hanya dimanfaatkan untuk berburu foto-foto biasa dan lokasi syuting, Orchid Forest Lembang juga sering disewa untuk kebutuhan latar foto prewedding.

Floating Market Lembang

Kawasan Lembang memang sangat populer sebagai destinasi wisata favorit sepanjang tahun. Salah satu tempat wisata keluarga di kawasan Lembang yang patut Anda kunjungi adalah Floating Market Lembang. Saat tiba di kawasan wisata ini, Anda akan disuguhi panorama pasar apung yang estetik. Selain bisa berburu foto, Anda dapat menikmati aneka jenis kuliner di Floating Market Lembang. Anda dan keluarga juga dapat mencoba berbagai wahana permainan serta perahu apung yang terbuat dari bambu, sepeda air, dan flying box. Tak mengherankan jika destinasi wisata ini disukai semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Stone Garden

Destinasi wisata Bandung yang berlokasi di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya ini terdiri dari hamparan tanah dengan susunan batu tidak beraturan. Jika dilihat sekilas, Stone Garden mirip dengan suasana Kandang Godzilla di Cisoka, Tangerang. Saat Anda berhasil mencapai puncak Gunung Pawon, ada spot wisata keren yang terdiri dari bebatuan berwarna putih. Meskipun hanya berupa bebatuan, tempat ini sangat menarik dikunjungi karena Anda bisa berburu foto sambil menikmati keindahan Kota Bandung hingga puas.

Berwisata ke Bandung kini semakin praktis karena Anda bisa memesan tiket kereta api melalui Traveloka. Anda bebas memilih kereta api kelas ekonomi atau eksekutif dengan biaya berkisar antara Rp 90.000 hingga Rp 300.000 per orang. Rencana liburan ke Bandung bisa segera direalisasikan karena Anda leluasa memilih waktu keberangkatan kereta api melalui lifestyle superapp Traveloka. Jangan lupa pula ya manfaatkan promo Traveloka EPIC Sale yang hadir pada 5-11 Oktober 2021 agar Anda bisa hemat lebih banyak. Yuk, mari susun dulu daftar destinasi wisata yang akan Anda singgahi ketika sampai di Bandung nanti!