Cara Berteman dan Bergaul Menurut Islam

  • 2 min read
  • Sep 11, 2021
Cara Berteman dan Bergaul Menurut Islam

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat bertahan tanpa pertolongan orang lain. Salah satu hal yang harus manusia lakukan yaitu dengan berteman dan bergaul dengan orang lain. Berteman dan bergaul membuat manusia menjadi lebih berguna untuk orang lain, sehingga menjadikannya nilai lebih dimata Allah SWT.

Umat muslim memiliki panutan cara berteman dan bergaul menurut islam yaitu dari Al-qur’an dan hadits. Salah satu tokoh panutan yang wajib diteladani oleh umat muslim yaitu perilaku bergaul dari Rasulullah SAW. Rasulullah SAW mengajarkan banyak hal kebaikan bagi kita umatnya agar selalu berada dijalanNya.

Lalu bagaimana cara berteman dan bergaul menurut islam seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW? Berikut ulasannya hanya untuk anda.

Bergaul dengan Lawan Jenis

Islam mengajarkan kepada kita yang bergaul dengan lawan jenis harus selalu menjaga aurat dimanapun bertemu. Kita juga diajarkan menjaga pandangan ketika bertemu dengan teman lawan jenis. Menjaga pandangan ini adalah salah satu langkah awal untuk menjauhi zina, karena zina merupakan salah satu dosa besar yang di murkai Allah SWT.

Bergaul dengan lawan jenis yang bukan mahram menurut islam kita menuntut kita untuk menjaga sikap agar tidak bersentuhan satu sama lain, termasuk hanya bersalaman. Seperti HR. Malik, Tirmidzi dan Nasa’I “Sesungguhnya aku tidak akan berjabat tangan dengan wanita.” Bersentuhan yang dimaksud adalah segala jenis aktifitas fisik dengan adanya sentuhan kulit.

Bergaul dengan Sesama Jenis

Bergaul dengan sesama jenis menurut islam juga mengharuskan kita tetap menjaga aurat di manapun kita bertemu. Hal ini tentunya untuk menjaga fitrah kita sebagai muslim dan muslimah. Agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan dan menjadi hati-hati bagi muslim dan muslimah, maka tetap harus menjaga auratnya.

Terdapat larangan saat bergaul dengan sesama jenis menurut islam yaitu tidak diperbolehkan menyukai sesama jenis. Hal tersebut sangat dilarang dan tidak dibenarkan, sesuai dengan firman Allah SWT pada Surah Al A’raaf ayat 81 “ Sesungguhnya kalian mendatangi lelaki untuk melepaskan nafsu kalian, bukan kepada wanita. Kalian adalah kaum yang sudah melampaui batas.”

Bergaul dengan Non Muslim

Berteman dengan non muslim diperbolehkan dalam agama islam, namun tentunya ada batasan-batasan yang harus diperhatikan. Kita harus teguh dalam menjaga agama islam. Kita tidak boleh menirukan  kebiasaan yang dilakukan non muslim yang menyalahi syari’at islam. Kita dapat berteman namun tetap menjaga semua aqidah islam yang sudah diajarkan.

Bergaul dengan Sesama Muslim

Bergaul dengan sesama muslim bermanfaat untuk memperbanyak silaturahmi dan menjalin hubungan yang baik. Sesama muslim harus  saling menolong dalam kebaikan agar mencegah permusuhan antar sesama muslim. Bergaul dengan orang-orang yang sholeh merupakan anjuran islam untuk membangun ukhuwah Islamiyah.

Rasulullah SAW memberikan banyak contoh cara berteman dan bergaul menurut islam, sehingga menjadikan beliau salah satu tokoh yang diteladani umat muslim maupun non muslim di dunia. Kita sebagai umat muslim sudah seharusnya menjadikan perilaku Rasulullah SAW sebagai contoh disetiap kegiatan kita sehari-hari agar selalu mendapat ridhoNya.

Demikian merupakan beberapa ulasan mengenai cara berteman dan bergaul menurut islam yang dapat anda jadikan referensi. Masih banyak teladan Rasulullah SAW mengenai cara berteman dan bergaul menurut islam yang dapat anda teladani. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi masyarakat luas dan semoga kita selalu berada dalam lindunganNya.

Sumber: islamiques