Cara membuat Sebuah Proposal dan Contoh Untuk Acara Kegiatan

  • 2 min read
  • Sep 01, 2021

Mungkin untuk kamu yang akan mengadakan sebuah kegiatan atau event tap masih belum tahu mengenai cara penulisannya, kamu juga bisa dapat menyimak sebuah tulisan yang satu ini. disini kita akan menjelaskan mengenai tata cara penulisan sebuah proposal kegiatan hingga contoh dan juga penulisannya. Proposal kegiatan yang biasanya ditulis oleh sebuah pihak penyelenggara acara untuk mengajukan sebuah keinginan dalam melaksanakan event atau kegiatan tersebut. Biasanya proposal kegiatan ini di serahkan kepada petanggung jawab yang besar dalam jalannya kegiatan acara tersebut. Yang sepertinya halnya kepala sekolah, rector kampus, kepala perusahaan, dan masih banyak hal yang lainnya. Proposal kegiatan adalah sebuah rencana yang akan di tuliskan ke dalam sebuah rancangan kerja.

 Dengan proposal kegiatan yang di buat sebelum kegiatan di laksanakan agar memperoleh sponsor acara dan juga sebuah izin pelaksanaan yang di selenggarakan tersebut. Meskipun saat ini belum diizinkan untuk membuat sebuah kegiatan yang juga menimbulkan kerumunan yang di sebabkan oleh pandemic COVID- 19, kita juga harus belajar tentang bagaimana cara membuat proposal kegiatan. Jadi, ayo kita pelajari struktur tentang contoh proposal kegiatan. Yang pada umumnya proposal kegiatan acara yang di gunakan apabila ingin mengajukan suatu permohonan sebuah dana atau seponsor (dukungan) pada saat hendak menyelenggaraan suatu acara kegiatan yang kita bikin. kegiatan acara yang biasa di lakukan diantaranya kegiatan sekola, kampus dan yang lainnya.

Pengertian Proposal Kegiatan

Yang telah di sebutkan di awal pembahasan, bahwa proposal kegiatan yaitu rencana yang sudah di tuliskan dalam sebuah rancangan kerja. Yang sebelum suatu acara yang berlangsung, misalnya peringatan ulan tahun sekolah, kita harus menysun sebuah proposal kegiatan yang akan kita bikin tersebut. Kenapa proposal kegiatan perlu di buat sebelum acara di bentuk? Gunanya agar kita bisa memperoleh sponsor untuk acara tersebut. Proposal juga di gunakan untuk memperoleh sponsor untuk memperoleh izin kegiatan. Misalnya untuk peringatan ulang tahun sekolah, proposal yang di gunakan untuk mengajukan izin kegiatan kepada sekolah.

Struktur Proposal Kegiatan Terbaru

Dalam sebuah penyusanan proposal, penting untuk kita untuk mengikuti struktur dalam kegiatan proposal. Dengan struktur yang baik akan mudah di ikuti dan juga dapat di pahami oleh sebuah pihak-pihak yang bersangkutan, seperti sposor atau juga kepala sekolah.

Nama Kegiatan

Sebutkan nama kegiatan yang kamu rencanakan dengan sangat jelas, singkat, dan juga jelas. Yang telah di susun nama kegiatan dalam frasa yang semenarik mungkin untuk di perhatikan.

Pendahuluan

Untuk bagian pendahulunya yang terdiri dari latar belakang dan sebuah tujuan kegiatan. Sebutkan juga alasan kenapa kegiatan yang di buat oleh kamu sangat penting untuk direncanakan. Dan kemudian, sebutkan target atau tujuan dari kegiatan tersebut.

Isi Proposal

Isi proposal yang terdiri dari sebuah rincian kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut, siapa pesertanya, fasilitas apa saja yang di butuhkan, serta juga waktu dan sebuah lokasi pada saat pelaksanaan tersebut.

Susunan Acara

Pada bagian ini yang drincikan susunanpqada kegitan yang akan di Gerakan tersebut. Dengan di sebutkannya pula sebuah durasi untuk setiap kegiatan, lokasi, dan juga siapa saja yang terlibat dari jadwal masing-masing.

Anggaran Dana

Dengan adanya biaya untuk menyelenggarakan suatu kegiatan yang harus di cantumkan dalam sebuah proposal. Perkiraan biaya yang menjadi pertimbangan yang sangat penting untuk sposor

Penutup

Pada bagian penutupan yang  lebih berperan untuk mendorong sebuah sponsor memberikan dana atau juga pihak yang berwenang memberikan izin pelaksanaan kegiatan.