Persiapkan Test IELTS di EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

  • 2 min read
  • Nov 17, 2020
EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional – Anda harus mempersiapkan bangku perkuliahan dengan matang. Tidak hanya mempelajari kultur di Negeri tujuan melainkan juga tentang cara berkomunikasi. Tidak sedikit mahasiswa Indonesia yang berada di luar Negeri menjadi introvert padahal skor tes mereka tergolong tinggi. Skill sosial tidak berkembang dengan baik, maka dari itu penting untuk Anda mempelajari IELTS untuk mempersiapkan kemampuan tertentu dalam bahasa Inggris.

Apa itu IELTS?

Tes IELTS digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam membaca, menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris. IELTS membentuk kemampuan seseorang untuk mendengarkan bahasa Inggris secara lisan. IELTS merupakan kependekan dari International English Language Testing System. Biasanya IELTS merupakan standar tes Universitas di Australia, Inggris, Selandia Baru, Afrika Selatan, Kanada dan beberapa institusi pendidikan di Amerika Serikat.

Apa tujuannya?

Tes IELTS sangat berbeda dari tes bahasa Inggris lainnya. Tujuannya adalah untuk menguji kemampuan bahasa Inggris. Tes ini menguji penguasaan kosakata dan berbicara dalam bahasa Inggris yang baik dan benar.

Nantinya Anda ditunjtut untuk menjawab pertanyaan tentang dialog atau monolog yang Anda dengarkan. Anda harus membaca sejumlah teks dan menjawab pertanyaan berdasarkan teks tersebut. Anda harus menulis esai dan Anda harus berbicara dengan penutur asli bahasa Inggris. Tes IELTS lebih merupakan tes tentang apa yang dapat Anda lakukan dalam bahasa Inggris, bukan apa yang Anda ketahui.

Untuk lolos dalam tes ini Anda harus mengenali logat bahasa mereka, mendengarkan dengan seksama kata demi kata yang nyaris sama agar tidak tertukar. Sementara Anda tinggal di Indonesia dengan dialek yang berbeda, apakah bisa menghadapi hal itu sendiri?

Bagaimana caranya agar berhasil lolos tes IELTS?

Penting untuk diingat bahwa untuk mendapatkan hasil yang baik dalam Tes IELTS, Anda harus mampu berbicara dengan baik, menulis dengan baik, membaca dengan baik dan mampu memahami bahasa Inggris lisan. Mungkin terdengar sederhana, bahkan Ujian Nasional siswa SMA meliputi listening, writting, reading dan speaking tapi percayalah bahasa Inggris tidak sesederhana itu. Meskipun Anda dapat mempersiapkan diri untuk tes, IELTS bukan masalah menghafal tata bahasa atau kosa kata dan Anda harus mempersiapkannya dengan orang yang jauh lebih professional di bidangnya. Belum lagi persaingan yang mungkin harus Anda hadapi di ruang tes, melihat begitu banyak orang yang memperebutkan bangku perkuliahan yang sama dengan Anda. Lalu, apakah rela jika Anda gugur sebelum kuliah di Universitas impian?

Apa format Tes IELTS?

Tes IELTS memiliki empat modul tes untuk menguji setiap keterampilan. Modul mendengarkan, modul membaca, dan modul menulis dan tes berbicara. Umumnya, tes dilakukan dalam urutan ini, tetapi tes berbicara dapat dilakukan sebelum, atau setelah modul lain.

Jika Anda merencanakan untuk mengikuti program sarjana atau pascasarjana, Anda harus menempuh tes IELTS khusus Akademik. Tes IELTS General Training tidak cukup untuk program akademik. Sebagai siswa internasional, Anda perlu menunjukkan bahwa Anda memenuhi syarat dan berhasil menyelesaikan program gelar yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Jika kini Anda mengincar untuk mendapat gelar sarjana atau pascasarjana yang lebih tinggi, lebih baik mengasah kemampuan IELTS dengan skor diatas rata-rata.

Sekian banyak mahasiswa yang dulunya mempersiapkan diri di EF sudah membuktikan bahwa IELTS begitu bermanfaat dalam kehidupan mereka di luar negri. Test IELTS terbukti memudahkan mereka dalam bersosialisasi dan memahami berbagai teori bahasa Inggris yang menambah pengetahuan. Sekarang Anda bisa mempersiapkan EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional di kota Anda.