www.domainesia.com

Contoh Teks Deskripsi Beserta Strukturnya Tentang Hewan Gajah

  • Riaupos
  • Apr 02, 2022
Contoh Teks Deskripsi

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan contoh teks deskripsi beserta strukturnya. Contoh berikut ini mungkin bisa menjadi referensi untuk kamu yang masih bingung terkait teks deskripsi.

Umumnya, Teks deskripsi akan dipelajari di bangku SMP Kelas 7. Walaupun nantinya di kelas 9, akan ada materi teks deskripsi lagi. Namun di kelas 9 materinya lebih mendalam dan lebih membutuhkan analisis yang kuat.

Teks deskripsi merupakan teks yang digunakan untuk menggambarkan suatu objek secara detail. Tujuannya agar pembaca bisa mengetahui objek yang dideskripsikan walaupun tidak melihat objeknya secara langsung. Nah sebelum masuk ke contoh teks deskripsi tentang Hewan, mari simak beberapa ciri dari teks deskripsi berikut ini.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Sebuah teks tentu memiliki ciri-ciri tersendiri yang membuatnya menjadi beda dari teks jenis lain. Beberapa ciri-ciri dari teks deskripsi telah kami rangkum sebagai berikut.

  • Menggambarkan sesuatu secara detail. Agar pembaca bisa tahu objeknya tanpa harus melihat secara langsung.
  • Menggunakan unsur panca indera, agar pembaca bisa merasakan secara langsung walaupun belum datang atau menyentuh objeknya.
  • Penjelasan dalam teks dilakukan secara detail (bagian deskripsi bagian).
  • Pembahasan dalam teks biasanya lebih terfokus dengan objek yang dideskripsikan.

Contoh Teks Deskripsi Beserta Strukturnya Tentang Hewan Gajah

Sekedar informasi, teks deskripsi memiliki tiga struktur yakni gambaran umum, deskripsi bagian, hingga simpulan. Untuk lebih jelasnya simak contoh analisis teks deskripsi berikut ini.

Gambaran Umum / Identifikasi

Gajah merupakan hewan mamalia terbesar masih hidup di muka bumi. Gajah masih memiliki hubungan dengan mammoth, hewan purba yang telah punah jutaan tahun yang lalu.

Makanan hewan ini adalah rerumputan. Gajah hidup secara berkelompok, hal ini agar dirinya terhindar dari predator. Gajah juga menjadi hewan yang sangat cerdas. Karenanya, hewan besar yang satu ini sering digunakan di acara sirkus atau pertunjukan.

Deskripsi Bagian

Hewan gajah memiliki tubuh yang super besar. Bahkan hewan yang satu ini bisa mencapai berat 6000 kg. Meski berbobot super berat, tetapi hewan ini mampu berlari hingga kecepatan 40 km/jam.

Secara sekilas, gajah tidak memiliki jari yang panjang. Kakinya hanya memiliki jari dengan lima kuku yang cukup keras. Telapak kaki gajah juga cukup lebar, hal ini untuk menahan berat tubuhnya agar ia mampu berjalan dengan lancar.

Gajah memiliki telinga yang lebar. Telinganya ini mampu dikibaskan dan digunakan sebagai kipas ketika dirinya kepanasan. Selain itu, Gajah juga memiliki belalai panjang.

Belalai pada gajah digunakan sebagai sarana sistem pernafasan. Bahkan belalai ini mampu digunakan untuk menghirup air, mengambil dedaunan di pohon, dan mengangkut sesuatu.

Salah satu bagian yang menjadi ciri khas dari gajah yakni gadingnya. Gading gajah menjuntai dan cukup tajam. Fungsinya untuk pertahanan diri dari predator. Selain itu, gading ini juga berguna untuk mengumpulkan makanan serta mengupas kulit kayu.

Simpulan

Gajah memang hewan yang sangat istimewa. Ukurannya yang super besar menjadikan ia sebagai hewan terbesar yang masih hidup di bumi. Bentuk fisiknya juga sangat unik dan tidak dimiliki oleh hewan lain.

Gajah memiliki gading yang gagah dan tajam. Akan tetapi keunikan gadingnya ini juga memicu dirinya jadi hewan buruan oleh manusia yang tak bertanggungjawab. Hal ini membuat gajah semakin punah dan jadi hewan yang dilindungi.

Penutup

Setelah membaca contoh teks deskripsi singkat tentang gajah di atas, sudah makin paham kan mengenai materi teks deskripsi?

Semoga contoh teks deskripsi beserta strukturnya yang telah kami bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-teman kalian ok.

www.domainesia.com
Related Post :