Mengenal UNPAD Lebih Dekat tentang Program Studi hingga Biaya Kuliah

  • 2 min read
  • Aug 01, 2021
UNPAD

Bandung masih menjadi salah satu kota yang menawarkan banyak hal menarik. Salah satunya adalah kampus negeri yang memiliki segudang fasilitas dan kelebihan dari lulusannya. Adalah Universitas Padjajaran yang sudah berdiri sejak 11 September 1957. Berada di dua lokasi yaitu kampus utama yang ada pada Kampus Iwa Koesoemasoemantri di Dipati Ukur dan Kampus Jatinangor. Uniknya, cukup banyak sekali program studi yang ditawarkan sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan pastinya. UNPAD sendiri memiliki fakultas sebanyak 16 dengan 1 program sekolah pasca sarjana.

Berikut ini daftar fakultas yang ada di Universitas Padjadjaran seperti Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Peternakan.

Begitu juga dengan Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik Geologi dan Sekolah Pascasarjana.

Jalur Masuk UNPAD

Sama halnya dengan universitas negeri lainnya yang ada di Indonesia, maka bagi Anda yang ingin kuliah di UNPAD tentu harus mengikuti beberapa tahapan. Adapun jalur penerimaan UNPAD ini sendiri disesuaikan dengan program yang diambil. Misalnya saja untuk program sarjana dan sarjana terapan maka jalur masuk yang dilakukan adalah

Jalur SNMPTN

Biasa disebut dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN yang merupakan seleksi calon mahasiswa baru yang berasal dari lulusan SLTA. Adapun pertimbangan yang digunakan adalah prestasi akademik serta prestasi lainnya. Jalur ini sendiri menggunakan nilai rapor sebagai dasar penilaian dari siswa serta prestasi lainnya yang didapatkan selama sekolah.

Jalur SBMPTN

Untuk cara yang kedua ini adalah SBMPTN atau Seleksi Bersama Nasional Perguruan Tinggi. Yang merupakan jalur penerimaan mahasiswa yang ditentukan berdasarkan skor UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Semua lulusan SLTA bisa mengikuti program ini.

Jalur Prestasi

Untuk cara yang ketiga ini adalah dengan mempertimbangkan nilai akademik serta prestasi yang didapat seorang siswa. Bahkan, penilaian lainnya seperti penghargaan yang didapat di bidang sains, seni maupun olahraga juga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Jalur Mandiri

UNPAD sendiri menawarkan program jalur mandiri guna meningkatkan proses seleksi penerimaan yang lebih baik. Ada dua jenis pilihannya yaitu seleksi mandiri dengan menggunakan nilai UTBK dan seleksi mandiri yang menggunakan sistem ujian. Untuk yang terakhir ini pihak UNPAD yang menjadi penyelenggaranya.

Jalur Internasional

Sesuai dengan namanya, maka UNPAD akan menggunakan jalur ini untuk menerima calon mahasiswa dengan menggunakan hasil nilai UTBK serta adanya tes kemampuan bahasa inggris.

Jalur Sarjana Terapan Jalur Mandiri

Untuk metode ini maka UNPAD menawarkan dua jalur, yaitu Jalur Mandiri dengan menggunakan nilai UTBK. Atau, bisa menggunakan Jalur Prestasi dengan menggunakan nilai UTBK ditambah dengan portofolio prestasi.

Tentang Akreditasi UNPAD

Akreditasi di UNPAD sendiri terbagi menjadi dua yaitu akreditasi untuk institusi dan akreditasi untuk program studi. Bahkan, UNPAD sendiri sudah mendapatkan peringkat A berdasarkan surat keputusan nomor 408/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Biaya Kuliah UNPAD

Tidak sedikit calon mahasiswa khususnya para orang tua yang penasaran dengan biaya kuliah di UNPAD. Perlu diketahui bahwa program studi sarjana, maka UNPAD menerapkan biaya kuliah dengan menggunakan sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal. UKT ini sendiri nantinya akan mempertimbangkan tingkat kemampuan calon mahasiswa. Artinya, jika mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN maka akan dikenakan biaya kuliah UKT saja. Sebaliknya, mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri UNPAD maka secara otomatis akan dikenakan biaya UKT yang ditambah dengan biaya Dana Pengembangan. Tertarik untuk kuliah di UNPAD?

Oh ya, untuk mengetahui informasi lainnya yang berkaitan dengan kuliah di Universitas Negeri yang ada di Bandung, maka jangan ragu untuk mengunjungi situs Babandungan.