Ini Dia 6 Manfaat Apel yang Penting untuk Kesehatan Kita

  • 2 min read
  • Sep 08, 2021
Manfaat Apel

Apel ternyata bukan hanya buah yang lezat dan menyegarkan. Soalnya, manfaat apel juga penting untuk kesehatan kita. Apel sendiri memang menjadi salah satu buah yang banyak dikonsumsi di Indonesia karena memiliki bermacam-macam kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi, apel juga memiliki kalori yang rendah serta kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B6, kalium, serta vitamin C.

Bukan hanya itu saja, apel pun memiliki kandungan antioksidan yang baik sehingga tubuh kita bisa terhindar dari bermacam-macam penyakit. Contoh antioksidan tersebut ialah flavonoid dan pektin. Nah, untuk mendapatkan manfaat apel, kita bisa mengonsumsi apel dengan bermacam-macam cara, mulai dari dijus, dimakan langsung, maupun dinikmati sebagai salah satu salad buah. Lantas, apa saja sih manfaat apel untuk kesehatan? Berikut ini ulasannya.

1. Melancarkan sistem pencernaan

Apel yang bisa kita beli buah di TaniHub, platform online tempat belanja buah dan sayuran terbaik di Indonesia, memiliki kandungan serat yang kaya sehingga berperan penting untuk melancarkan buang air besar. Bukan hanya itu saja, konsumsi apel juga akan membuat kita terhindar dari konstipasi. Nah, untuk mendapatkan manfaat ini, kita disarankan untuk mengonsumsi apel dengan kulitnya. Soalnya, kulit apel memang memiliki kandungan antioksidan dan serat yang kaya. Sementara itu, apel juga memiliki kandungan pektin yang baik untuk memberikan nutrisi pada tubuh melalui bakteri baik pada saluran pencernaan.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Konsumsi 1-2 buah apel secara teratur setiap hari ternyata akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Bukan hanya itu saja, konsumsi buah pun penting untuk membuat tubuh kita dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. Nah, apel pun juga berperan penting untuk mencegah terjadinya penyumbatan maupun peradangan yang ada pada dinding pembuluh darah arteri.

3. Mengatur kadar gula dalam tubuh

Apel memang baik untuk mencegah timbulnya penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan apel bisa mengatur kadar gula yang ada pada tubuh kita. Terdapat kandungan fitonutrien pada apel yang sangat baik untuk mencegah adanya lonjakan gula darah yang pada akhirnya dapat memicu sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.

4. Memelihara kesehatan otak

Apel memiliki kandungan antioksidan berupa flavonoid dan kuersetin yang bermanfaat untuk mengurangi sel saraf yang mati akibat penuaan. Apalagi, ada juga kandungan antioksidan yang tinggi pada kulit apel yang berperan penting untuk mempertahankan fungsi memori dan menjaga kesehatan otak kita. Bahkan, di dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa konsumsi apel juga penting untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit stroke dan Alzheimer.

5. Mengontrol berat badan

Berat badan yang ideal memang menjadi salah satu tanda tubuh yang sehat. Maka dari itu, kita perlu mengontrol berat badan kita dan salah satunya bisa kita lakukan melalui konsumsi apel. Hal ini dikarenakan apel memiliki kandungan serat dan air yang tinggi. Bahkan, apel yang dikonsumsi sebanyak tiga kali sehari dapat membuat berat badan turun dalam waktu 12 minggu.

6. Menghilangkan masalah bau mulut

Masalah bau mulut dapat diatasi dengan mengkonsumsi apel secara teratur. Soalnya, apel memiliki kandungan senyawa pektin yang akan membuat produksi air liur meningkat sehingga tubuh kita dapat membersihkan mulut serta menghilangkan masalah pada mau makanan di mulut. Bukan hanya itu saja, konsumsi apel juga penting untuk mengurangi risiko adanya kanker kolorektal, kanker mulut, kanker payudara, dan kanker paru-paru.