Inilah Program Merdeka Belajar Terobosan Kemdikbud

  • 2 min read
  • Sep 11, 2021
Program Merdeka Belajar

Belum lama ini kementerian pendidikan dan kebudayaan alias kemdikbud telah menerangkan bahwa mereka akan melanjutkan trasformasi dalam hal pendidikan dan juga kemajuan kebudayaan melalui sebuah program yang bernama merdeka belajar tepatnya di tahun 2021.

Namun sebelum itu di sepanjang tahun 2020 kemarin kemdikbud telah berupaya untuk menawarkan terobosan baru melalui program merdeka belajarnya menjadi 6 episode. Nah Untuk lebih jelasnya lagi maka simak artikel yang diulas seputarkelas.com di bawah ini ya!

Program merdeka belajar episode 1 sekolah.

Di episodenya yang pertama sendiri, kemdikbud menerapkan ke empat program pokok kebijakan pendidikan. Beberapa di antaranya yang termasuk ke dalam episode 1 yaitu penghapusan ujian sekolah berstandar nasional (usbn), penggantian ujian nasional (un) menjadi asesmen nasional (an), penyederhanaan rpp bagi guru, dan juga adaptasi kembali ppdb.

Adanya penggantian ujian nasional menjadi asesmen nasional ini tak lain dilakukan supaya nantinya tidak akan ada lagi diskriminasi yang terjadi pada murid yang tidak mampu mengikuti bimbel. Dengan begitu asesmen nasional ini nantinya akan menjadi evaluasi tersendiri bagi sekolah dan juga sistem pembelajarannya.

Program merdeka belajar episode 2 kampus.

Kemdikbud nantinya akan melakukan penyesuaian pada lingkungan kampus atau perguruan tinggi. Di mana di antaranya yaitu membuka prodi baru, mempermudahkah sistem akreditasi, menjadikan perguruan tinggi negeri berbadan hukum, dan juga memberikan hak kepada setiap mahasiswa untuk belajar tiga semester di lain prodi mereka sendiri.

Program merdeka belajar episode 3 kebijakan dana bos.

Pada program merdeka belajar yang ke tiga ini kemdikbud akan mengubah mekanisme pada dana bos yang mana penyalurannya sendiri akan langsung masuk ke rekening sekolah. Setelah itu menggunakan dana bos menjadi lebih fleksibel bagi sekolah, menilai satuan dana bos, melaporkan dana bos lebih transparan.

Program merdeka belajar episode 4 organisasi penggerak.

Di bagian ini kebijakan yang ditawarkan oleh kemdikbud sendiri nantinya akan mempunyai tujuan untuk semakin memberdayakan sekolah penggerak. Di mana nantinya pada program ini akan diberikan kesempatan bagi para organisasi yang bergerak di bidang pendidikan untuk membuktikan skillnya dalam mentransformasi sekolah.

Program merdeka belajar episode 5 guru penggerak.

Nantinya sasaran program merdeka guru penggerak ini akan memfokuskan dirinya dalam hal pedagogi beserta terpusat pada murid dan pengembangan holistiknya. Selain itu melakukan pelatihan yang mana menekankan pada kepemimpinan instruksional dengan melalui on the job coaching.

Program merdeka belajar episode 6 dana pemerintah untuk perguruan tinggi.

Terakhir, tujuan dilucurkannya kebijakan ini tak lain dalam rangka untuk mendukung visi presiden joko widodo sendiri untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul. Di mana salah satu caranya yaitu dengan melalui transformasi perguruan tinggi dengan begitu nantinya mampu mencetak lebih banyak lagi talenta yang dapat bersaing di kancah internasional.

Program yang ke enam ini mencakup tiga terobosan yang diharapkan nantinya bisa meningkatkan kualitas yang ada pada seluruh pendidikan tinggi di indonesia. Hal ini juga tercakup pada delapan indikator kerja utama alias IKU yang nantinya akan menjadi landasan penting trasformasi dalam pendidikan tinggi.

Nah ke delapan IKU tersebut nantinya akan mampu mendorong perguruan tinggi atau universitas dalam mencari mitra di luar sana. Selain itu juga mampu mendorong mereka dalam mengundang para praktisi untuk mengajar.

Di sisi lain program ini juga berguna dalam memotivasi para mahasiswa dan juga dosen untuk ke luar dari kampus serta mendorong mereka untuk melakukan riset yang dapat diterapkan dan berguna bagi masyarakat.