5 Contoh Teks Eksposisi Singkat Berbagai Tema

  • 4 min read
  • Dec 05, 2020
Contoh Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan satu dari sekian banyak jenis teks yang ada di Bahasa Indonesia. Tidak jarang contoh teks eksposisi juga ditemukan di berbagai media baik media cetak seperti koran maupun media elektronik seperti media sosial.

Pengertian teks eksposisi adalah teks yang menyampaikan informasi atau pengetahuan disertai dengan pendapat, gagasan, dan pikiran penulis tentang suatu hal. Karangan eksposisi dimuat dengan jelas, singkat, dan padat sehingga mudah dimengerti dan dipahami pembaca.

Tidak hanya itu, teks eksposisi juga harus didukung oleh data dan fakta untuk memperkuat pendapat penulis. Struktur teks eksposisi ada 3, yaitu :

  1. Tesis atau pernyataan pendapat, yaitu struktur pembuka pada teks eksposisi yang isinya merupakan pendapat atau pikiran penulis terhadap suatu hal yang akan dibahas. Tesis ini menjadi gambaran umum tentang hal apa atau informasi apa yang ingin penulis bagikan kepada pembaca.
  2. Argumentasi, berisi rangkaian argumen penulis yang disertai data atau fakta penguat untuk mendukung pendapat penulis pada bagian sebelumnya.
  3. Penegasan ulang, dan ini adalah struktur teks eksposisi yang terakhir. Isinya merupakan penegasan kembali pendapat penulis atau bisa juga simpulan dari segala hal yang sudah dibacarakan sebelumnya.

Setelah memahami struktur teks eksposisi sekarang saatnya kamu melihat contohnya. Berikut disajikan beberapa contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan

“Metode Belajar Mengajar Satu Arah Sudah Tidak Efektif”

Tesis

Kebanyakan lembaga dan institut pendidikan saat ini menerapkan metode ajar satu arah saja. Di zaman yang terus berkembang pesat seperti sekarang ini, metode kegiatan belajar mengajar seperti ini sudah tidak relevan dan efektif lagi.

Sebaiknya metode ini segera ditinggalkan dan diganti dengan metode belajar mengajar dua arah atau komunikasi dua arah. Karena sekarang siswa hanya akan bisa menerima pembelajaran ketika komunikasi dua arah terjadi.

Argumentasi

Apabila tenaga pendidik seperti guru mengajar dan menerangkan tanpa adanya interaksi dengan siswa, maka kelas tidak akan terasa hidup. Sementara itu, kegiatan belajar mengajar yang melibatkan interaksi dengan siswa akan jauh lebih efektif dan relevan.

Karena siswa akan diajak untuk ikut berpartisipasi dan lebih merasa dihargai. Dengan begitu, mereka akan benar-benar mempelajari materi dan memahaminya dengan lebih baik.

Penegasan Ulang

Salah satu cara mengajak siswa untuk ikut berinteraksi adalah dengan diskusi. Metode belajar satu arah sudah konvensional, kuno, dan tidak efektif lagi di zaman sekarang. Karena seiring waktu, siswa semakin berkembang. Dan seharusnya begitu juga dengan metode ajar.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Politik

“Diperlukan Peninjauan Ulang Terkait Transparansi Pemerintah Membuat Peraturan Baru”

Tesis

Dalam hal membuat peraturan dan perundang-undangan yang baru, pemerintah sebaiknya benar-benar harus kembali memerhatikan transparansinya kepada masyarakat. Pasalnya, ketidaktahuan masyarakat terhadap apa yang ada dibalik peraturan baru pemerintah dapat berujung ke hal-hal yang malah membahayakan negara kita sendiri seperti misalnya korupsi.

Argumentasi

Beberapa waktu yang lalu, Meneteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo malah mencabut larangan ekspor benih lobster. Peraturan baru ini menimbulkan banyak kegaduhan di ruang publik. Bukan tanpa alasan, karena pasar perdagangan lobster ini dipegang oleh para kaum elit.

Bentuk kecurigaan masyarakat ini pun terbukti. Tidak lama setelah itu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Edhy terkait kasus ekspor benih lobster tersebut. Edhy diduga menerima suap alias korupsi untuk mencabut larangan ekspor benih lobster.

Penegasan Ulang

Dari kasus Edhy Prabowo tersebut, pemerintah harus meningkatkan transparansinya kepada publik terkait segala peraturan baru yang akan ditetapkan. Publik juga harus mengawal dan mengawasinya dengan ketat demi mencegah peraturan yang dibuat secara sewenang-wenang oleh pemerintah.

Untuk selengkapnya, kamu bisa menemukan banyak contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya di website Pendidikanpedia.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Teknologi

“Kominfo Sebaiknya Meningkatkan Kecepatan Akses Internet di Indonesia”

Tesis

Di zaman yang serba digital dan teknologi sekarang, akses internet sudah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat. Banyak sektor ditunjang oleh akses internet, mulai dari sektor industri, ekonomi, sosial, bahkan hingga pendidikan. Oleh karena itu, pemerintah dari pihak Kementerian Komunikasi dan Kominfo (Kominfo) sebaiknya meningkatkan performa akses internet Indonesia.

Argumentasi

Sayangnya sepertinya menteri kita belum sadar akan kepentingan ini. Hal tersebut bisa kita lihat dari ucapan menteri Kominfo 2014 Tifatul Sembiring, katanya “internet cepat buat apa?”. Padahal banyak hal dan sektor-sektor yang kinerjanya sangat bergantung pada koneksi internet yang lancar.

Misalnya saja industri teknologi. Teknologi dengan internet tentu sudah tidak dapat dipisahkan lagi. Apabila pemerintah ingin memajukan ekonomi bangsa melalui industri teknologi yang sedang pesat-pesatnya berkembang sekarang ini, maka pemerintah harus mau menunjang dengan memberikan akses internet yang lebih cepat.

Ditambah sesungguhnya akses internet adalah hak publik yang merupakan tanggung jawab negara melalui Kominfo.

Penegasan Ulang

Semoga pemerintah, terutama menteri Kominfo semakin peka dengan kebutuhan publik yang satu ini. Karena dengan akses internet yang lebih baik dan cepat, masyarakat pasti akan lebih merasa dimudahkan lagi.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Lingkungan

“Perlu Ditingkatkanya Penanaman Resapan Biopori Air Hujan Menjelang Musim Hujan”

Tesis

Resapan biopori air hujan berfungsi sebagai penampung air hujan di dalam tanah. Selain itu, resapan biopori ini juga memberikan banyak manfaat untuk lingkungan dan ekosistem sekitar. Maka dari itu, menjelang musim hujan yang semakin dekat, mari perbanyak penanaman resapan biopori.

Argumentasi

Resapan air biopori akan memudahkan tanah dalam menyerap air. Alat ini juga akan memberikan dampak positif bagi lingkungan hidup sebab memanfaatkan sampah-sampah organik. Fungsi penanaman resapan air biopori ini tak lain untuk menanggulangi bencana banjir yang biasa menimpa Indonesia ketika musim hujan tiba.

Di samping itu, penanaman ini juga akan mengurangi volume sampah rumah tangga karena dapat dikumpulkan dan dijadikan sebagai bahan pembuatan alatnya. Bahan-bahan organik tersebut juga akan memberikan nutrisi kepada tanah.

Penegasan Ulang

Penanaman resapan biopori air hujan di banyak titik akan membuat tanah semakin sehat bernutrisi dan juga mencegah air hujan menggenang di permukaan tanah.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Perbandingan

“Android vs iOS, Sistem Operasi Mana yang Lebih Baik?”

Tesis

Saat ini, Android dan iOS merupakan dua sistem operasi yang merajai pasar teknologi saat ini. Android adalah sistem operasi untuk smartphone dari berbagai brand dan merek, saat ini merupakan yang paling banyak digunakan di dunia. Sementara iOS merupakan sistem operasi ekslusif dari Apple untuk iPhone.

Lantas mana yang lebih diunggulkan? Sesungguhnya keduanya memiliki pasar masing-masing dan pengguna sebaiknya menyesuaikan dengan budget yang dimiliki serta kebutuhannya.

Argumentasi

Jawaban dari pertanyaan mana yang lebih baik antara Android dan iOS sungguh relatif. Karena masing-masing pengguna tentu bisa mengklaim menjadi yang terbaik. Akan tetapi, mari kita bandingkan bersama-sama.

Dari segi tampilan, keduanya tidak jauh berbeda. Perbedaannya adalah Android memungkinkan penggunanya untuk lebih bebas melakukan kustomisasi seperti menambahkan widget, shortcut bahkan hingga mengubah keseluruhan tampilan dengan bantuan launcher. Sementara kustomisasi pada iOS lebih dibatasi.

Namun, dari segi keamanan dan privasi iOS lebih dijagokan. Karena Android adalah proyek open-source atau terbuka sementara iOS sendiri merupakan sistem operasi ekslusif yang hanya digunakan pada smartphone iPhone. Itulah mengapa sebabnya sistem keamanan iOS selalu lebih baik daripada Android.

Penegasan Ulang

Jadi, Android dan iOS memiliki pasarnya masing-masing. Tentu menggunakan Android atau iOS itu adalah selera dan kebutuhan masing-masing pengguna dan tidak jadi masalah.

Demikian lima contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya tentang berbagai tema. Semoga bisa membantu kamu dalam mempelajari materi teks eksposisi, ya.