Pengertian Sebuah pantun, Ciri-ciri, Fungsi Pantun yang Lucu

  • 2 min read
  • Aug 30, 2021

Mungkin kamu sudah sangat tahu pantun itu apa, namun kebanyakan orang belum mengerti tentang pengertian sebuah pantun yang terkanal sangat lucu yang secara istilah dan berbagai macam sebuah jenisnya. Pantun yaitu salah satu bentuk sebuah karya sastra yang terikat oleh aturan. Dengan pertama awalnya muncul yaitu sastra lisan, masyarakat jaman dulu yang sudah terbiasa berbalas pantun, mereka mengucapkan secara dengan langsung secara lisan tanpa pikir Panjang. Namun seiringnya waktu berjalan, yang sekarang banyak sekali dii jumpai juga pantun yang tertulis. ciri-ciri pantun unik dari sebuah pantun lain yaitu pantun tidak menyertakan nama pengubahnya (anonim). Dengan hal ini di karenakan penyebaran pantun yang di lakukan dari mulut kemulut.

Pantun Lucu juga merupakan sebuah puisi yang sangat lama, yang sudah sangat melegenda di nusantara. Yang sangat nyaris semua daerah yang memiliki sebuah pantun. Dengan pantun sebiri yang berasal dari Bahasa minang. Kata aslinya yaitu pantun yang jika diterjemahkan penuntun. Di daerah sunda, Pantun yang di sebut paprika, sementara itu bagi para suku batak pantun yang mereka sebut umpasa. Pantun juga terdapat dalam Bahasa  Pampanga, tuntun yang berarti teratur. Sedangkan dalam Bahasa tagalog ada tonton yang berarti bercakap menurut sebuah aturan yang tertentu. Bahasa toba apabila kata pantun yang artinya kesopanan dan juga kehormatan. Yang biasanya, pantun yang di bangun oleh larik, dan setiap larik mempunyai 8 sampai 12 suku kata.

Ciri-ciri Pantun

  1. Pantun mempunyai bait, setiap bait pada sebuah pantun yang di susun oleh baris-baris. Yang satu bait terdiri dari 4 baris.akan memilih sebuah perkataan
  2. Setiap pada baris dari 8 hingga 12 suku kata.
  3. Setiap baris yang terdiri dari 4 hingga 6 kata
  4. Setiap bait pada pantun yang terdiri atas sampiran dan juga isi. Di baris pertama dan kedua yang merupakan sampiran dan juga isi. Baris pertama dan kedua yang merupakan sampiran, baris ketiga dan juga keempat yang merupakan isi.
  5. Pantun yang bersajak a-b-a-b atau juga a-a-a-a

Peranan dan Fungsi Pantun

Untuk apa sih pantun itu? Pertama, pantun yang menciptakan sebagai alat pemelihara Bahasa. Yang kedua, jika orang yang masih memakai sebuah pantun, itu artinya dia tela berusaha menjaga fungsi kata yang dapat mampu menjaga alur berfikir. Meskipun akan memberikan nasihat, namun orang yang sedang berpantun sebelum mengutarakan. Yang ketiga melatih kamu untuk berfikir tentang makna yang ingin kata yang sebelum mengucapkan pada orang yang dituju agar tidak menyakitkan . keempat, orang yang akan berpantun akan berlatih untuk berfikir asosiatif. Dia akan ber hati-hati dalam mengambil suatu kata, karena kata yang di pilihnya akan mempunyai kaitan dengan kata yang lain dan yang telahkir, dalam segi pergaulan, pantun yang mempunyai fungsi yang sangat kuat, itulah mengapa pantun tetap enak untuk di mainkan dalam berkomunikasi.

Struktur Pantun

Pantun yang memiliki dua bagian. Yang pertama yaitu sebuah sampiran. Nah bagian yang selanjutnya adalah isi. Sampiran seperti mempersiapkan bagian isi dengan rima dan juga irama yang sama. Dengan sampirang bisa jadi taka da hubungannya dengan sebuah isi. Namun juga sampiran yang memberikan sebuah gambaran seperti apa nanti bunyinya . kalimat dalam sampiran biasanya di buat sangat unik agar mendengar pantun tertarik.